Gempa Lombok, Dompet Dhuafa Akan Bangun RS Lapangan dan Layanan Kesehatan Darurat

LOMBOK, NTB- Tim Disaster Management Center Dompet Dhuafa telah berada di lokasi gempa di Lombok Timur dan Lombok Utara. Masih banyaknya warga yang terluka karena tertimpa reruntuhan bangunan, membuat Dompet Dhuafa menerjunkan tim medis terbaiknya, dengan membuat Rumah Sakit Lapangan, dan Layanan Kesehatan Darurat. Dua layanan medis ini rencananya akan dibangun di Lombok Utara dan Lombok Timur.

General Manager Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa Dr. Rosita Rivai mengatakan Dompet Dhuafa memprioritaskan penanganan korban pasca gempa di Lombok, yang akan ditangani di RS Lapangan, dan Layanan Kesehatan Darurat.

BACA JUGA:  Agar Murid Mudah Diarahkan, Lima Hal Ini yang Harus Dilakukan

“Memang penanganan korban pasca gempa diprioritaskan untuk kasus-kasus pasien yg menderita luka. Bahkan sampai pasien dengan patah tulang akibat terkena reruntuhan,” kata Dr Rosita Rivai dalam keterangan tertulisnya, Senin, 6/8/2018.

Penanganan darurat inilah yang membuat Dompet Dhuafa menurunkan sejumlah tenaga dokter spesialis yang diterjunkan dari sejumlah cabang RS dan Layanan Kesehatan Cuma-cuma milik Dompet Dhuafa dari beberapa cabang di Indonesia.

“Dokter Spesialis yg dikirim seperti spesialis orthopedi, bedah, anastesi dan Rekam Medis. Dan tentunya dokter umum juga diterjunkan untuk menjawab kebutuhan tenaga medis terkait penanganan yg dibutuhkan,” tambah Dr. Rosita.

BACA JUGA:  Depok Canangkan Pembuatan 1 Juta Lubang Resapan Biopori

Selain mensupport dan mendirikan RS lapangan, tim medis Dompet Dhuafa akan secara berkala bergerak mobile mengunjungi pasien atau pengungsi menggunakan motor dan mobil lapangan.

Tak hanya itu, Dompet Dhuafa juga akan mengirimkan 1 unit mobil kendaraan taktis, 4 unit sepeda motor taktis, dan 1 ambulan dengan 4 orang tenaga medis.

Data sementara, gempa Lombok berkekuatan 7 SR mengakibatkan 98 orang meninggal dunia dan 236 orang luka-luka. Sementara ribuan rumah rusak terutama di wilayah Lombok Utara.

Aparat gabungan BNPB, BASARNAS, TNI dan POLRI bersama tim DMC Dompet Dhuafa terus melakukan evakuasi dan penanganan darurat akibat gempa bumi.

BACA JUGA:  Sang Alang Rilis Lagu ‘Sontoloyo’ dengan Nuansa Karnaval

Sejak pekan lalu tepatnya pasca terjadi gempa pertama di Lombok Timur, Minggu, 29 Juli 2018, tim DMC Dompet Dhuafa telah melakukan respon kemanusiaan. Di antaranya mendirikan posko pengungsian, mendirikan dapur umum lewat mobil Darling (Dapur Keliling), aksi layanan sehat, serta menurunkan tim Psychology First Aid.

Comments

comments