Deretan Pantai di Yogyakarta yang Masih Tersembunyi

Yogyakarta bukan hanya Malioboro dan Kraton saja. Ada banyak objek wisata alam yang bisa Anda jelajahi, mulai dari pegunungan di kawasan Merapi dan Gunungkidul, hingga jajaran pantai yang cantik. Ombak yang kencang serta birunya laut membuat berbagai pantai di Yogyakarta menjadi wisata populer bagi para beach hopper.  Untuk Anda yang tidak mau berpergian ke pantai yang disesaki oleh wisatawan, simak deretan pantai terbaik di Yogyakarta yang masih belum dijamah banyak orang.

Pantai Wedi Ombo

(Istimewa)

Suka snorkeling? Tidak suka pantai yang ramai? Nah, Pantai Wedi Ombo wajib banget untuk Anda kunjungi. Salah satu pantai di Yogyakarta ini biasanya digunakan oleh masyarakat sebagai tempat berselancar, berenang, menikmati senja paling indah di antara pantai Gunungkidul lainnya. Selain itu, Anda juga bisa camping, hunting foto, dan masih banyak keseruan lainnya yang bisa Anda lakukan bersama sahabat, rekan kerja dan keluarga.

Tidak perlu mengocek kantong terlalu dalam, karena di sini Anda hanya perlu menyiapkan uang untuk harga tiket masuk Rp 5 ribu rupiah. Anda juga bisa menikmati fasilitas yang ada dengan harga paling mahal 100 ribu rupiah. Pantai di Yogyakarta yang satu ini tentunya akan membawa sejuta kenangan indah saat Anda pulang.

Pantai Nglambor

(Istimewa)

Masih di wilayah Gunung Kidul, pantai di Yogyakarta satu ini cocok bagi Anda yang ingin snorkeling. Memiliki ombak yang tenang serta air yang cukup jernih, membuat wisatawan memilih untuk menjelajahi birunya laut di pantai ini. Cukup dengan 50 ribu rupiah untuk menyewa alat snorkelling, Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut pantai Ngalambor tersebut.

Ciri khas pantai Nglambor adalah dua bukit karang yang berbentuk seperti kura-kura, sehingga dapat menahan arus ombak pantai yang besar. Sebelum mengunjungi pantai ini, pastikan Anda telah menghubungi pihak pengelola atau bertanya melalui admin media sosial seperti Facebook Pantai Nglambor, twitter dan Instagram @PantaiNglambor untuk mengetahui waktu yang tepat jika ingin bersnorkeling di pantai ini. Pasang surut air laut dapat membuat kejernihan pantai Nglambor tidak menentu. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi Nglambor pantai di Yogyakarta.

Pantai Wohkudu

(Istimewa)

Pantai indah biasanya selalu identik dengan banyaknya wisatawan dari luar maupun lokal. Pantai di Yogyakarta satu ini salah satu pantai anti-mainstream dari kebanyakan pantai di Gunung Kidul. Untuk mencapai tempat tersebut, dibutuhkan waktu 2 jam dari kota Yogyakarta. Jaraknya yang lumayan jauh dari kota dan fasilitas yang masih minim membuat pantai ini jarang dikunjungi. Namun, untuk Anda yang ingin merasakan suasana pantai sesungguhnya, coba datang ke pantai Wohkudu ini.

Dua bukit karang yang cukup tinggi semakin mempercantik pemandangan di pantai Wohkudu. Hamparan rumputnya bisa Anda jadikan tempat berkemah bersama orang-orang terdekat. Menikmati salah satu pantai di Yogyakarta yang indah dan tersembunyi ini bersama sahabat sambil bermain gitar, dapat menjadi liburan akhir pekan yang menyenangkan dan tak terlupakan. Bahagia itu dapat Anda rasakan dengan cara yang sederhana, seperti mengunjungi pantai Wohkudu.

Pantai Jogan

(Istimewa)

Pernah menikmati pantai dengan air terjunnya? Jika belum, sempatkan diri Anda berlibur ke pantai di Yogyakarta yaitu pantai Jogan. Uniknya, pantai ini memiliki air terjun yang berasal dari sungai dan langsung menuju pantai. Tetapi sayangnya pantai ini tidak bisa dijadikan tempat berjemur atau bermain pasir. Selain sedikitnya pasir putih yang ada, bentuk pantai ini memiliki tebing yang cukup curam.

Pantai Jogan cukup dekat dengan pantai Nglambor, jadi tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi kedua pantai di Yogyakarta tersebut. Tantangan ketika Anda mengunjungi pantai ini adalah jalur menuju bawah air terjun. Menuruni tangga harus dengan ekstra hati-hati karena cukup licin. Selain itu, ketika kaki sudah menyentuh pantai, Anda akan menemukan ribuan bayi kepiting transparan. Sebuah peristiwa langka dan istimewa yang dapat membuat liburan Anda lebih mengasyikan.

Pantai Ngrenehan

(Istimewa)

Pantai di Yogyakarta Ngrenehan menjadi tempat wisata favorit untuk keluarga serta kerabat dekat. Tidak hanya pemandangannya yang indah, langit serta air yang begitu biru, pantai Ngrenehan juga memiliki fasilitas yang cukup baik. Pantai ini memiliki parkiran yang cukup luas, dan kamar mandi untuk membilas badan setelah mandi.

Perlu Anda ketahui, pantai ini memiliki kuliner seafood yang lezat. Ikan segar yang bisa Anda beli dan dimasak langsung di tempatnya memberikan sensasi yang tidak terlupakan. Ikan goreng sambal hijau selalu diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke sini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan Anda saat berada di pantai-pantai tersebut agar keasliannya tetap ada dan tidak rusak oleh para turis. (Diah Ayu Pitaloka)

Comments

comments