Daun Pepaya dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Daun pepaya sering dianggap sebelah mata bagi sebagian orang. Padahal ada banyak manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi daun pepaya. Daun pepaya bisa dimasak sebagai sayur, namun karena rasanya yang pahit maka banyak orang yang tidak menyukainya. Padahal, daun pepaya yang punya rasa pahit ini bisa kita manfaatkan sebagai bahan membuat jamu untuk meredakan nyeri saat haid.

Tidak sedikit wanita mengalami nyeri atau mual bahkan sampai pingsan saat haid baik di awal atau akhir menstruasi. Penyebab wanita merasakan sakit saat haid adalah karena adanya penyumbatan di saluran tempat keluarnya darah haid.

Di samping enzim papain, daun pepaya juga mengandung zat-zat lain di antaranya: vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, air, kalori dan carposide (berkhasiat sebagai obat cacing).

Cara Membuat Obat Pereda Nyeri dari Daun Pepaya

Untuk membuat ramuan obat pereda nyeri haid tidaklah sulit, anda hanya perlu satu lembar daun pepaya yang dicuci sampai bersih, lalu ditumbuk dan ambil airnya. Selanjutnya anda tambahkan sedikit garam untuk menghilangkan rasa pahit dair daun pepayaa. Ramuan ini bisa anda minum ketika haid terasa sakit.

Dengan mengkonsumsi bunga papaya setidaknya dua kali seminggu maka nyeri haid akan berkurang lakukanlah hal ini jika anda sering nyeri ketika menstruasi datang.

Comments

comments