Cara Merawat Gigi yang Baik dan Sehat

Ilustrasi. (Istimewa)

Gigi adalah alat yang digunakan untuk mengolah makanan saat kita makan. Dengan adanya gigi, kita dapat mengigit, memotong, mengunyah, sobek, dan menghaluskan makanan yang kita makan. Proses dan cara kerja yang dilakukan gigi dinamakan mencerna makanan secara mekanik. Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan menjadi halus. Hal ini sangat membantu kinerja enzim untuk mencerna makanan secara cepat dan efisien.

Macam-Macam Bentuk Gigi Manusia serta Fungsinya – Gigi manusia dibedakan menjadi 4 macam gigi yang terdapat dimulut berdasarkan bentuknya. Macam-macam gigi manusia serta fungsinya antara lain sebagai berikut.

A. Gigi seri (identis insisivus) adalah gigi yang terdiri satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan atau benda lainnya. Gigi seri berada pada bagian depan dengan bentuk yang tegak dan tepi yang tajam. Seperti sekop atau tatah.

B. Gigi taring (identis kaninus) adalah gigi yang terdiri satu akar yang berfungsi untuk mengoyak makanan atau benda lainnya. Bentuk dari gigi taring adalah tinggi dan runcing.

C. Gigi geraham depan (pramolar) adalah gigi yang terdiri dari dua akar yang berfungsi untuk menggilas dan mengunyah makanan atau benda lainnya. Bentuk gigi gerahan depan adalah lebih rendah dan lebih rata dengan benjolan-benjolan kecil.

D. Gigi gerahan belakang (molar) adalah gigi yang terdiri dari tiga akar yang berfungsi untuk melumat, menghancurkan, menghaluskan dan mengunyah makanan atau benda-benda lainnya.

Setiap orang pastinya ingin memiliki gigi yang putih, sehat, dan bersih. Keinginan ini tentunya harus diimbangi dengan perawatan gigi yang benar setiap harinya.
Tak sedikit orang yang mengabaikan pentingnya merawatan kesehatan gigi dengan rajin membersihkan gigi setiap hari.

Perawatan gigi harus dilakukan setiap hari agar ketika memasuki umur yang tak muda lagi, bentuk gigi tidak mudah mengalami kerapuhan dan masalah pada Gigi

Bagaimana tidak, tanpa gigi yang sehat, kita akan kesulitan untuk mengunyah dan menelan makanan.
Menjaga kesehatan gigi sendiri termasuk pekerjaan yang susah-susah gampang.
Untuk menjaga kesehatan gigi, diperlukan kedisiplinan dan kebiasaan hidup sehat.

Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk merawat gigi tetap kuat dan sehat:

  1. Lakukan menyikat gigi rutin sebanyak 2 kali dalam sehari, sebaiknya lakukan setelah makan dan sebelum tidur.
  2. Saat melakukan rutinitas membersihkan gigi dengan menggosok gigi, lakukan dengan gerakan pada bagian atas dan bawah gigi dengan lambat dan lembut.
  3. Pilihlah produk pasta gigi yang mengandung fluoride, kandungan ini dapat membantu mencegah kerusakan yang terjadi pada Gigi.
  4. Gantilah sikat gigi kamu minimal setiap 3 bulan sekali atau lebih cepat lebih baik loh. Jangan gunakan sikat gigi yang bulu-bulu halusnya sudah bercabang.
  5. Kurangi makanan yang memeberikan rasa manis, kamu dapat mengonsumsi makanan sumber protein seperti daging, telur, ikan dan kacang-kacangan.
  6. Dan terakhir, Berhentilah merokok, karena zat nikotin pada rokok dapat menyebabkan warna kuning pada gigi dan menyebabkan bau mulut.

Itulah 6 cara merawat Gigi untuk menghindari berbagai macam penyakit gigi berlubang dan lain sebagainya. Merawat gigi adalah hal yang tidak mudah, harus Berkonsisten terhadap diri sendiri untuk terjaga dari konsumsi makanan yang tidak baik…. [Norma Yunita/DepokPos]

Comments

comments