Belajar dari Film 3 Idiots

(Istimewa)

Oleh: Delis Nurhasanah (Mahasiswi STE SEBI)

Pecinta bollyood pasti tahu film 3 Idiots, biasanya film india identik dengan banyak tarian dan nyanyiannya yang membuat sebagian orang bosan. Namun berbeda dengan film ini meskipun ada tarian dan nyanyiannya tapi bisa membuat orang tertawa terbahak- bahak melihat tingkah si 3 Idiots.

Banyak sekali pesan moral yang disampaikan oleh film ini, banyak juga kalimat yang disampaikan oleh film ini yang akan membuat kita seorang terpelajar sadar terhadap penyimpangan visi dan misi dari pentingnya ilmu pengetahuan.

“Jangan belajar untuk menjadi kaya saja, tapi belajarlah menjadi ahli.” Kalimat tersebut dikatan oleh si idiot Rancho kepada sahabatnya Raju Rastogi karena Raju terlihat tertekan dalam belajar, penuh beban pikiran, dia harapan keluarganya yang secara financial kurang. Hidupnya dibayang- bayangi oleh rasa takut tidak lulus kuliah yang berujung susah mendapatkan pekerjaan.

Kemudian kalimat “jika nanti aku jadi photografer, kemudian gajiku sedikit, rumahku kecil, mobilku kecil, namun aku akan bahagia ayah, aku benar- benar bahagia, semua yang kulakukan untuk ayah, aku akan melakukannya benar- benar dari hatiku”, ini permohonan seorang idiot Farhan kepada ayahnya yang sangat mendambakan Farhan jadi seorang Insinyur, namun Farhan tidak bergairah di mesin, dia mencintai photography.

Sebenarnya masih banyak pesan moral yang disampaikan film ini, dapat kita ketahui inti dari film ini yang bisa kita ambil manfaatnya yaitu belajarlah menjadi ahli jangan belajar hanya untuk kaya, kelak kamu akan merasakan indahnya ilmu pengetahuan. Kemudian jika kita menghafal jangan sekedar menghafal tapi harus benar- benar memahami. Karena menghafal tanpa memahami kau akan menghabiskan 4 tahun untuk belajar dan 40 tahun untuk menyesali.
Benar juga secara logika jika kita hanya menghafal tanpa memahami seiring bertambahnya usia pasti akan lupa, namun jika kita memahami, sedikit sekali kemungkinan akan lupa.

Comments

comments