5 Manfaat Tersembunyi Ampas Kopi

Ilustrasii (IStimewa)

Membuang ampas kopi yang tersisa didalam gelas merupakan kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang. Hal ini dilakukan karena banyak orang menganggap bahwa ampas kopi tidak memiliki manfaat apapun. Namun ternyata, ampas kopi memiliki banyak manfaat.

Manfaat apa saja yang didapatkan dari ampas kopi? Berikut informasinya.

Peyubur tanaman
Manfaat pertama yang didapatkan dari ampas kopi adalah penyubur alami tanaman. Caranya, kita cukup menempatkan bubuk kopi ditanah yang dekat dengan tanaman setiap satu bulan sekali

Penghilang goresan
Hal ini berlaku untuk furniture berbahan kayu. Dalam penggunaanya, gunakan cutton bud, lalu bubuhkan bubuk kopi bekas pada bagian furniture yang tergores dan diamkan selama sepuluh menit. Setelah itu bersihkan dengan kain bersih.

Pengusir serangga
Aroma yang dikeluarkan dari ampas kopi dapat mengusir semut dan serangga yang terdapat di taman rumah

Penghilang noda
Kopi giling yang bertekstur kasar bisa kita manfaatkan untuk membersihkan permukaan pada meja dapur. Tapi sebaiknya kita melakukannya dengan hati-hati karena teksturnya yang kasar dapat menggores meja.

Kecantikan
Selain pemanfaatan rumah tangga, ampas kopi juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Tekstur bubuk kopi yang kasar dapat dijadikan scrub alami. Hal ini tidak hanya dapat mengangkat sel kulit mati, tetapi juga membuat tubuh kita menjadi harum. Untuk pemakaiannya sebaiknya dicampur dengan minyak zaitun.

Dan itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari ampas kopi yang kebanyakan orang menganggapnya sebagai sampah. Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini kita semua bisa dapat lebih memanfaatkan ampas kopi yang sering dibuang. (Aditia Rahman Allawi)

Comments

comments