15 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

(Istimewa)

Jika kita kelelahan dalam bekerja dan kurangnya pola tidur pasti akan berakibat kantung mata membesar dan menghitam. Adapula yang sudah jadi faktor keturunan dan genetik, tapi siapa sangka kantung mata tersebut akan cepat menghilang jika kita mau merawatnya. Seseorang yang memiliki kantung mata hitam cenderung merasa kurang percaya diri, mereka harus bermakeup jika ingin keluar rumah menutupi mata yang menghitam. Maka dari itu, disini kami akan memberikan tips dan cara untuk menghilangkan kantung mata yang menyebalkan dengan cara yang alami.

1. Berolahraga secara teratur

Selain stres, lingkaran mata hitam juga bisa disebabkan senyawa-senyata negatif tubuh yang menumpuk. Kamu bisa mengeluarkannya melalui keringat dengan melakukan olahraga di pagi hari sebelum beraktivitas rutin. Sudah gak perlu khawatir lagi dengan lingkar hitam kantung matamu kan? Karena sudah tahu tips atau cara untuk menghilangkan kantung mata hitam seperti di atas, yang praktis banget dan bisa langsung kamu terapkan. Oh iya, cara yang sudah disebutkan itu gak hanya berlaku jika ada lingkar hitam mata ya, tapi bisa juga untuk sekedar membuat binar matamu fresh. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasimu!

2. Istirahat cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan dan tampilan kita agar selalu terlihat segar. Pada umumnya, setiap orang membutuhkan waktu 8 jam per malam untuk beristirahat dengan maksimal. Hanya saja beberapa orang mengabaikan kebutuhan untuk beristirahat ini sehingga timbul kantung mata. Jika kamu ingin melakukan cara menghilangkan kantung mata ini maka biasakan untuk tidur tepat waktu agar istirahatnya cukup.

3. Kantung teh hijau

Tidak hanya teh celup biasa yang bisa membantu kita dalam menghilangkan kantung mata, melainkan juga kantung teh hijau. Caranya pun juga mudah seperti teh celup biasa, yakni dengan:
• Siapkan sisa kantung teh hijau yang telah digunakan
• Kompreskan kantung teh hijau tersbut pada kantung mata
• Diamkan selama 10 sampai 15 menit
• Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih

4. Es batu

Es batu sering digunakan untuk menambah kesegaran dalam minuman. Tapi siapa sangka jika bahan yang sering dijumpai ini mampu membantu kita dalam mengatasi mata panda. Sebenarnya, es batu sudah dikenal sejak dulu untuk mengatasi berbagai permasalahan kecantikan, seperti menghilangkan komedo, begitu juga untuk cara menghilangkan kantung mata. Cara yang paling mudah dan ampuh adalah dengan mengompres bagian bawah mata dengan es batu. Berikut adalah caranya:
• Pecahkan es batu menjadi kecil-kecil lalu gunakan handuk atau kain bersih untuk membungkus es batu. Usahakan jika kain yang digunakan memiliki tekstur halus.
• Ikat bagian ujung dan tempelkan pada kedua mata sekitar 10 menit. Tapi waktu 10 menit ini tidak diberikan secara langsung, melainkan ada jeda beberapa kali.

5. Teh celup bekas

Bahan yang sudah tidak digunakan pun bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda, yaitu tes celup bekas. Beberapa di antara kalian mungkin suka untuk mengonsumsi tes celup dan membuang tesnya jika sudah tidak sekarang. Tapi, sekarang jangan membuangnya karena ternyata dapat bermanfaat untuk kecantikan. Meskipun cara ini sudah dilakukan sejak lama tapi masih banyak orang yang menggunakan teh celup ini hingga sekarang.

• Sediakan teh celup dua buah. Sebelum menggunakannya, rendam terlebih dulu teh celup ke dalam air dingin.
• Letakkan teh celup itu di area mata dan biarkan selama 10 menit atau 15 menit.
• Lakukan cara ini setiap hari sebelum tidur hingga mata panda mulai memudar.

6. Mentimun

Sudah bukan rahasia lagi jika mentimun bermanfaat untuk kecantikan. Beberapa manfaat dari mentimun antara lain mencerahkan wajah, mengurangi produksi minyak berlebih di wajah, dan juga menghilangkan kantung mata. Hal ini dikarenakan timun mengandung beberapa zat seperti vitamin C, asam askorbat, caffeic acids dan juga kandungan air yang cukup tinggi sehingga mampu mengatasi berbagai masalah kulit, iritasi, maupun kantung mata. Berikut adalah cara penggunaannya:

• Cuci bersih satu buah mentimun yang masih segar
• Potong secara melingkar timun dan buat menjadi lebih kecil pada bagiannya
• Letakkan potongan mentimun itu pada kedua mata
• Biarkan selama 20 menit

Cara lainnya juga bisa kamu lakukan yakni dengan menghaluskan mentimun dengan blender setelah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian masukkan mentimun yang sudah halus ke dalam kain bersih dan tipis. Kompreskan pada kantung mata sekitar 15 menit kemudian bersihkan wajah dengan air.

7. Kentang

Selain digunakan sebagai bahan makanan, kentang juga bisa digunakan untuk menjaga kecantikan. Kentang mempunyai kandungan asam fosfat dan asam sitrat yang tinggi sehingga bermanfaat untuk mengurangi radang dan menjaga kelenturan kulit. Berikut cara penggunaannya:

• Kupas dan cuci bersih kentang hingga tidak ada getah kentang
• Blender kentang sampai halus
• Masukkan kentang yang sudah halus ke dalam kantung yang bersih dan lembut
• Kompreskan kain tersebut pada kedua mata selama 15 menit
• Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih

8. Sendok

Mungkin kamu akan bertanya-tanya bagaimana bisa sendok menghilangkan kantung ata. Ternyata, cara ini sudah digunakan sejak dulu dan terbukti ampuh sehingga tidak perlu diragukan lagi untuk manfaatnya. Cara menghilangkan kantung mata dengan sendok adalah:

• Masukkan 5 sampai 10 sendok ke dalam lemari es
• Tunggu hingga sendok tersebut sudah benar-benar dingin
• Jika sudah terasa dingin kemudian tempelkan sendok tersebut ke kedua mata. Gunakan bagian sendok yang melengkung dan diamkan selama 15 menit.

9. Air dan garam

Bahan lain yang juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kantung mata adalah campuran air dan garam. Caranya sangat mudah sehingga kamu bisa melakukan sendiri di rumah, sebagai berikut:

• Campurkan 1 liter air hangat dengan garam sebanyak ½ sdt.
• Aduk campuran tersebut sampai garam benar-benar larut ke dalam air hangat.
• Setelah itu, celupkan bola kapas ke dalam campuran air hangat dengan garam tersebut
• Kompreskan bola kapas tersebut pada area bawah mata
• Diamkan selama 10 sampai 15 menit dan lakukan cara ini secara rutin setiap hari agar mata panda bisa hilang dengan cepat.

10. Bengkoang

Bengkoang sudah digunakan sejak lama sebagai salah satu bahan dalam berbagai kosmetik atau produk perawatan wajah dan kulit. Beberapa manfaat bengkoang dalam dunia kecantikan antara lain mencerahkan wajah. Hal ini dikarenakan berbagai vitamin dan kandungan lainnya yang terdapat dalam bengkoang sehingga dapat menjaga kesehatan kulit. Adanya vitamin B1 dan vitamin C membuat bengkoang juga bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Berikut cara menghilangkan kantung mata dengan bengkoang:

• Kupas bengkoang dan cuci hingga bersih
• Blender bengkoang dengan parut atau agar lebih mudah dengan blender
• Masukkan bengkoang yang sudah halus ke dalam kain kemudian kompreskan kain tersebut pada kedua mata sekitar 10 sampai 15 menit. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih.

11. Jeruk nipis dan lemon

Jeruk nipis dan lemon sudah begitu populer di dunia kecantikan karena dapat mengatasi berbagai masalah kulit, begitu juga dengan masalah mata panda. Hal ini dikarenakan adanya vitamin C yang cukup tinggi dalam lemon dan jeruk nipis membuatnya dapat menghilangkan lingkaran menghitam di area bawah mata. Cara penggunaannya cukup mudah yakni dengan memotong lemon atau jeruk nipis secara melingkar kemudian menempelkannya pada bagian kedua mata sekitar 10 sampai 15 menit.

12. Susu

Susu lebih sering digunakan untuk memutihkan kulit, menghaluskan kulit dan untuk menghilangan kantung mata. Caranya sangatlah mudah yakni dengan mencelupkan kapas dalam susu lalu oleskan kapas tersebut pada bawah mata yang menghitam. Biarkan sampai kering kemudian bilas dengan air bersih dan mengalir.

13. Lidah buaya

Sekarang ini, lidah buaya menjadi salah satu bahan alami yang mampu digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti menjaga kesehatan, kecantikan dan bahkan dapat diolah menjadi suatu makanan juga. Dalam dunia kecantikan, lidah buaya juga sering digunakan sebagai bahan dasarnya karena manfaat yang akan diberikan, seperti cara menghilangkan mata panda. Cara penggunaannya adalah:

• Cuci lidah buaya dengan ukuran sedang
• Belah bidah buaya menjadi dua bagian
• Usapkan bagian gel pada bagian bawah mata yang menghitam
• Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dan bersihkan dengan handuk lembut.

14. Putih telur

Selain enak untuk dimakan, putih telur juga memiliki berbagai khasiat dalam kecantikan, seperti menghilangkan komedo dan mengencangkan wajah. Sedangkan khasiatnya untuk menghilangkan kantung mata belum diketahui oleh banyak orang tapi tdiak diperlu diragukan lagi untuk keampuhannya. Berikut adalah cara penggunaan putih telur untuk menghilangkan kantung mata:

• Pisahkan putih telur dari kuning telur
• Oleskan putih telur pada bagian mata yang mengitam dengan kuas
• Biarkan selama 20 menit atau hingga kering kemudian bilas dengan air bersih dan mengalir.

15. Madu

Siapa yang tidak kenal dengan bahan berkhasiat ini? Khasiatnya tidak hanya terkenal untuk kesehatan saja, melainkan juga untuk kecantikan. Madu memiliki kemampuan untuk meregenerasi kulit sehingga ketika dioleskan pada kantung mata, kulit di area tersebut akan diregenerasi sehingga bisa menjadi cerah lagi. Cara menghilangkan kantung mata dengan madu sangat mudah yakni dengan mengoleskan madu pada kantung mata dan biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Hasil yang maksimal akan kamu dapatkan jika melakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur.

Berikut adalah 15 cara alami menghilangkan kantung mata yang hitam. Mau faktor genetik atau faktor kurang tidur, kantung mata bisa saja dihilangkan secara perlahan dengan cara diatas dengan syarat harus teratur dan baik. Tidak ada salahnya untuk kita mencoba secara perlahan untuk mendapatkan hasil yang cepat…. [Norma Yunita/DepokPos]

Comments

comments