Tips Mengisi Liburan Mahasiswa Agar Tetap Produktif

Ketika mendengar kata liburan, yang ada dipikiran kita pasti adalah rekreasi, jalan – jalan, atau bahkan berdiam diri di rumah dengan bermalas –malasan sebagai bentuk balas dendam terhadap berbagai macam aktifitas yang kita lakukan pada hari – hari biasa. Makna liburan sebenarnya yaitu keadaan dimana kita bisa terbebas dari berbagai macam kesibukan yang kita lakukan pada hari –hari biasa. Dimana kita bisa memberikan ruang bagi tubuh untuk beristirahat atau bahkan melakukan hal – hal yang tidak dapat dilakukan pada hari – hari biasa.

Biasanya liburan dapat dirasakan oleh pekerja, siswa, mahasiswa dengan rentang waktu yang berbeda – beda mulai dari satu minggu, satu bulan, bahkan tiga bulan atau lebih. Untuk rentang waktu liburan yang panjang biasa disebut liburan semester. Banyak dari kita bingung melakukan kegiatan apa untuk mengisi liburan tersebut. Seringkali kita tidak benar – benar menikmati liburannya, melewatkannya dengan melakukan hal yang membosankan dan sia – sia.

Sebenarnya banyak hal – hal yang dapat kita lakukan untuk mengisi waktu liburan. Buatlah rencana – rencana kegiatan agar liburan kita tetap produktif. Nah, berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar liburan semester tetap produktif dan bermanfaat :

Mengikuti Program Semester Pendek di Kampus

Salah satu cara untuk mengisi waktu liburan yaitu dengan mengikuti semester pendek di Kampus. Selain untuk mengisi waktu luang, semester pendek ini juga dapat membuatmu lulus lebih cepat dari seharusnya karena kita mengambil mata kuliah lebih cepat dari teman – teman yang tidak mengikuti program semester pendek tersebut. Bermanfaat bukan?

Rekreasi dengan Keluarga atau Teman

Saat liburan adalah saat yang tepat untuk merefleksikan otak yaitu dengan rekreasi atau jalan-jalan. Rekreasi bisa dilakukan dengan keluarga ataupun teman. Rekreasi tidak selalu pergi ke kota atau tempat – tempat yang penuh dengan keramaian. Kita bisa rekreasi ke alam, seperti pantai, pegunungan yang dapat membuat pikiran lebih relax dan tenang. Kunjungi tempat – tempat yang belum pernah dikunjungi.

Melakukan Hobi

Seringkali kita tidak ada waktu melakukan suatu hal yang kita senangi atau kita gemari pada hari- hari biasa karena kesibukan yang kita miliki, maka dari itu, kita bisa melakukan hobi kita pada saat liburan. Dengan begitu, liburanmu akan tetap produktif, ditambah lagi hobi yang dimiliki dapat menghasilkan pendapatan, misalnya bermain musik, memasak, dan lain sebagainya.

Mengikuti Program Magang di Perusahaan Tertentu Untuk Menambah Pengalaman dan Koneksi

Salah satu cara untuk mengisi liburan semester yang panjang, kita bisa mengikuti program magang di suatu perusahaan. Bagaimana sih caranya? Kita bisa cari lowongan magang dari teman, orangtua, atau saudara, buat surat pengantar magang dari kampus, dan hubungi pihak perusahaan. Dengan mengikuti program magang ini, selain kita dapat menambah pengalaman dalam dunia kerja, kita juga dapat mempraktekan ilmu yang kita dapat saat kuliah, selain itu kita juga dapat memperluas koneksi . dengan begitu liburan semester kita akan lebih produktif bukan?

Mempersiapkan Diri untuk Semester Selanjutnya

Liburan semester juga dapat diisi dengan mempersiapkan diri untuk semester selanjutnya. Kita bisa mempelajari materi- materi yang akan dipelajari pada semester selanjutnya atau mulai mencari buku – buku yang akan diperlukan pada semester selanjutnya, dengan begitu kita akan lebih siap menghadapi semester selanjutnya dan lebih produktif saat liburan

So, liburan bukan ajang untuk bermalas – malasan, banyak sekali hal –hal positif yang dapat kita lakukan saat liburan, terlebih lagi liburan semester yang jangka waktunya cukup lama. yuk buat liburan lebih produktif! [Fitria Maulidina]

Comments

comments