Tak Ingin Merugi? Hindari 7 Hal Ini

Ilustrasi. (Istimewa)

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,
“Jauhilah tujuh dosa yang membinasakan.Para sahabat bertanya:Wahai Rasulullah apakan tujuh perkara yang membinasakan itu?
Beliau bersabda:
1.Menyekutukan Allah
2. Sihir
3.Membunuh jiwa yang Allah haramkan kecuali dengan hak
4.Memakan Riba
5.Memakan harta anak yatim
6.Lari dari medan jihad ketika dua pasukan telah saling berhadapan
7.Menuduh berzina kepada wanita baik-baik lagi beriman serta tidak tahu menahu (dengan zina tersebut).”
{HR.AL-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah radiyallahu’anhu}.

Dari hadis diatas Rasulullah telah memperingatkan kita semua,dosa yang dapat membinasakan pelakunnya.

Menyekutukan Allah (Syirik)

Syirik merupakan sebuah dosa besar yang dilakukan karena perbuatan ini sama saja dengan menyamakan sesuatu selain Allah dengan Allah.Sedangakan telah kita ketahui bahwa Allah tidak akan mengampuni dosa syirik.Hal ini telah dibahas dalam dua surah sekaligus yaitu:

“Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan akan mengampuni dosa selainnya bagi siapa yang Dia kehendaki.” {QS. An Nisa:48}

“Wahai manusia sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang yang sebelummu agar kamu bertakwa.Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap dan Dia menurunkan air(Hujan) dari langit lalu dia menghasilkan dengan hujan rezeki untukmu karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah padahal kamu mengetahuinya.” (QS. Al Baqarah:21-22)

Hendaklah kita menghindari dosa syirik,agar Allah mengampuni dosa kita semua.

Sihir

Meskipun Zaman sudah semakin moderen,teknologi semakin maju dan berkembang,namun praktik-praktik sihir tetap tidak dapat dihindarkan dari masyarakat.misalnya perbuatan sihir seperti,sihir pelet,santet dan lainnya.

“Padahal para pendosa dari perbuatan sihir akan mendapat hukuman yang pedih dari Allah. “Dan tidak akan beruntung para penyihir itu,dari manapun dia datang.” (QS.Taha: 69)

Membunuh Jiwa yang diharamkan kecuali dengan hak
Dosa yang dapat membinasakn selanjutnya adalah membunuh jiwa yang diharamkan kecuali dengan hak.

“Barangsiapa yang membunuh seorang manusia.bukan karena orang itu (membunuh) orang lain.atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi.maka seakan-akan ia telah membunuh manusia seluruhnya.Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia.maka seolah-olah ia telah memelihara kehidupan manusia semuannya.” (QS.Al Maidah: 32)

Memakan Harta Riba

Salah satu harta yang dimiliki tidak berkah karena mendapatkannya dengan riba,riba bisa terdapat dalam utang dan transaksi jual beli.bahkan sangking dasyatnya dosa riba sampai di samakan dengan dosa berzina dengan ibu kandungnya sendiri.

Dari Abdullah bin Masud RA dari Nabi SAW bersabda ,”Riba itu terdiri dari 73 pintu.Pintu yang paling ringan seperti laki-laki menikahi ibu kandungnya sendiri.” (HR. Ibnu Majah dan Al-Hakim)

Dan Allah juga telah berfirman :”Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila”. (QS. Al Bqarah:275)

Memakan Harta Anak Yatim

Telah dikatakn Rasulullah SAW akan membinasakan seseorang itu ketika ia memakan harta yang menjadi hak anak yatim,Mereka telah berbuat dzalim kepada anak-anak yang tidak memiliki ayah.dan perbuatan ini yang dapat menghantarkan mereka kepada neraka jahannam.seperti firman Allah

“Sesungguhnya oarang yang memakan harta anak yatim secara dzalim.sebenarnya mereka itu telah menelan api dalam perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (Neraka)”.(QS.An-Nisa:10).

Lari dari Medan Perang ketika Dua Pasukan Telah Saling Berhadapan.

Bersikap pecundang dan mundur dari medan perang adalah suatu perbuatan yang hina dimata manusia dan juga menimbulkan murka Allah SWT.bahkan hal ini mendapat ancaman berat,karena begitu besar akibat yang ditimbulkan dari sikap lari dari medan perang.

“Wahai orang-orang yang beriman,apabila kamu bertemu dengan orang-orang yang kafir yang sedang menyerangmu,maka janganlah kamu membelakangi mereka(mundur).barang siapa yang membelakangi mereka(mundur)di waktu itu,kecuali berbelok untuk (siasat) perang atau hendak menggabungkan diri dengan pasukan yang lain,maka sesungguhnya orang itu kembali dengan membawa kemurkaan dari Allah,dan tempatnya ialah neraka jahannam.Dan amat buruklah tempat kembalinya”.(QS:Al-Anfal/8:15-16)

Menuduh Berzina Seorang Wanita Mukmin

Menuduh seorang wanita mukmin berzina tanpa bisa mendatangkan bukti,hal ini dapat membinasakan si penuduh,hukuman bagi seorang penuduh yang tidak dapat mendatangkan saksi,yaitu minimal empat orang saksi dia berhak mendapatkan hukuman 80 kali cambukan dan kesaksiannya tidak akan diterima,sebagaimana Allah telah menjelaskan

“Dan orang-orang yang menuduh perempuan-perempuan yang baik (berzina)dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi.maka cambuklah maera delapan puluh kali.dan janganlah kamu terima kesaksian mereka untuk selama-lamanya.Dan mereka itulah orang-orang yang fasik”.(QS. An Nisa :4).

Rasulullah SAW telah mengingatkan kita semua tentang 7 dosa yang dapat membinaskan pelakunya,semoga kita semua dapat terhindar dari dosa ini. [Fia Kumala]

Comments

comments