Merawat dan Menyehatkan Tubuh dengan Lidah Buaya

Ilustrasi. (Istimewa)

Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Aloe vera sebutan lain dari lidah buaya ini lagi diminati oleh banyak orang karena khasiatnya yang cukup banyak. Khasiat lidah buaya ternyata bukan hanya digunakan untuk menyuburkan rambut saja, tetapi bisa juga digunakan untuk wajah. Khasiatnya yang begitu besar apalagi jika digunakan pada wajah secara teratur. Selain bisa menyegarkan, lidah buaya juga dapat menyehatkan, mencerahkan serta melembutkan wajah. Apalagi menggunakannya bersamaan dengan bagian kulitnya, sehingga akan menjadi lebih baik..

Selain bisa dipergunakan untuk kulit dan rambut, daging lidah buaya juga bisa dikonsumsi. Dagingnya bisa dijadikan minuman untuk menyegarkan tenggorokan.
Jus lidah buaya mengandung banyak kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu berisikan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin E. Niasin, asam folat, kromium, magnesium, mangan, seng, tembaga, potasium, zat besi, sodium, kalsium dan lain-lain.

Selain itu kandungan dari lidah buaya juga terdapat

1. Kadar air
2. Karbohidrat
3. Kalori
4. Lemak
5. Protein

Selain manfaat yang diatas, lidah buaya juga mempunyai manfaat yang lain, yaitu

1. Mengatasi Kencing Manis
Cara mengobati: Ambil lidah buaya satu batang saja dan air sebanyak tiga gelas. Kemudian Lidah buaya dicuci sampai bersih, namun sebelumnya duri yang ada pada batang tersebut dibuang, lalu dipotong secukupnya. Rebus dengan air tiga gelas tadi hingga benar-benar matang dan air rebusan kira-kira tinggal separuhnya. Minum ramuan ini tiga kali setiap satu harinya, masing-masing setengah gelas.

2. Mengatasi Wasir
Cara mengobati: Ambil setengah dari batang lidah buaya, madu sebanyak dua sendok makan dan air matang setengah cangkir saja. Kemudian cuci daun lidah buaya sampai bersih, namun sebelumnya buang dulu durinya, lalu diparut ditambahi madu tadi dan air matang setengah cangkir, aduk sampai benar-benar rata, baru kemudian disaring. Minum ramuan ini tiga kali dalam satu hari.

3. Mengatasi Sembelit
Cara mengobati: Ambil daun lidah buaya setengah batang saja, air panas setengah cangkir dan madu satu sendok makan saja. Kemudian cuci lidah buaya sampai benar-benar bersih, namun sebelumnya dibuang dulu kulit dan durinya. Lalu cincang isinya. Setengah cangkir air panas tadi digunakan untuk menyeduh kemudian ditambahkan madu. Saat masih hangat, makan ramuan ini dua kali dalam satu harinya.

Itulah mengapa hingga saat ini, lidah buaya masih banyak yang menggunakannya. Manfaat dan penggunaanya cukup mudah sehingga tidak menyulitkan bagi yang ingin memakainya. Karena lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. [Norma Yunita/Depok Pos]

Comments

comments