Menumbuhkan Kesadaran Pajak di Kalangan Masyarakat Untuk Kelangsungan Pembangunan Indonesia

Ilustrasi. (Istimewa)

Oleh: Darsini

Perpajakan adalah salah satu kegiatan pemerintah berkaitan dengan pengelolaan keuangan negara yang berasal dari iuran masyarakat, mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui perbaikan dan penambahan pelayanan publik sehingga pemerataan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai serta mengurangi kesenjangan sosial antar penduduk.

Pembangunan Nasional adalah rangkaian pembangunan berkelangsungan yang meliputi seluruh kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Untuk melaksanakan tugas mewujudkan tujuan yang tercakup dalam pembukaan UUD 1945, bahwa melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Pelaksanaan tugas pemerintahan sedang mengalami perkembangan menuju kesejahteraan rakyat dengan meningkatkan dan memelihara stabilitas perekonomian keamanan dan situasi politik, maupun pengembangan sumber daya alam dan manusia. Indonesia sebagai negara yang berkembang memerlukan kontribusi sumbangan rakyat Indonesia dalam menggerakkan roda pemerintahan guna untuk mencapai produktifitas kerja yang baik.

Pembangunan nasional tersebut membutuhkan dana besar dan rencana yang mantap. Mustahil untuk mewujudkan cita-cita bangsa kita melalui pembangunan tersebut tanpa adanya dukungan dana yang bersumber baik dari penerimaan dalam negeri, maupun dana yang bersumber dari penerimaan luar negeri. Kita ketahui bahwa sumber dana tersebut sebagian besar dari sektor pajak.

Untuk itu perlu ditingkatkan dalam mengolah dana dibidang perpajakan. Kewajiban sebagai kenegaraan pada hakikatnya, menempatkan wajib pajak mengutamakan kewajibannya daripada menuntut hak-haknya. Bahkan kalau dikaitkan dengan pengamalan Pancasila, maka seorang warga negara (wajib pajak) harus menempatkan kepentingan negara dan bangsa di atas kepentingan pribadi atau golongan serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa.

Dalam hal tersebut Menumbuhkan kesadaran pajak di kalangan masyarakat menjadi penting, karena akan meningkatkan sadar pajak. Sadar Pajak yang dimaksud, mereka tidak harus kuliah di bidang Perpajakan atau menguasai ilmu pajak. Akan tetapi setidaknya mereka paham pajak itu apa? Apa manfaatnya bagi negara dan masyarakat serta mengerti bahwa uang masyarakat yang membayar pajak untuk keperluan negara. Sehingga menyadari bahwa pajak berperan penting untuk kelangsungan pembangunan bangsa dan negara.

Banyak di kalangan kita menganggap bahwa pajak merupakan beban yang harus ditanggung. Jika di pikirkan, setiap bulan harus mengeluarkan pajak entah itu pajak penghasilan ataupun pajak bumi dan bangunan. Bukankah itu miliki peribadi? Lalu kenapa harus dikenakan pajak. Ya memang ada pemikiran yang seperti ini di antara kita. Tetapi mari kita lihat kembali Undang-Undang perpajakan yang ada di negeri ini. Salah satunya Undang-Undang nomor 36 tahun 2008 tentang pajak penghasilan.

Maka dalam hal tersebut yang mendasari kesadaran pajak adalah sebuah kemauan untuk membayar pajak. Jadi salah satu upaya pemerintah untuk menarik kemauan atau keinginan mereka dengan memberikan suatu pelayanan yang bermutu terhadap Wajib Pajak selaku pelanggan. Masih ada wajib pajak yang menunggu ditagih baru membayar pajak, seperti peraturan pajak pada periode lama. (Supadmi, 2009) Peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan diharapkan dapat meningkatkan kepuasan kepada Wajib Pajak sebagai pelanggan.

Pada tanggal, 31 Maret 2018 Direktorat Jendral Pajak telah mencatat bahwa penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan pajak Penghasilan sebanyak 10,59 Juta SPT atau 14%. Ini mengalami kenaikan dari pada periode 2017. Sampai saat ini terdaftar total wajib wajib pajak sebanyak 38.651.8891 dan 17.653.963 diantaranya wajib menyampaikan SPT. Dari total tersebut yang telah menyampaikan SPT tahunan pajak 2017 10.589.648 atau 59,98%. (www.pajak.go.id). Meskipun di bilang mengalami peningkatan yang signifikan, akan tetapi kesadaran dalam membayar ketepatan pajak masih minim. Terbukti dengan adanya telat bayar di kalangan mereka.

Sudah seharusnya bagi kita yang mempunyai kewajiban pajak membayar sesuai dengan perundang-undangan yang di terapkan oleh Pemerintah. Karena, apa yang kita lakukan merupakan tindakan untuk meningkatkan kelangsungan pembangunam Indoneisa. Yang mana, kita juga yang menikmati hasilnya jika sudah di alokasikan.

Jadi, kelangsungan pembangunan Indonesia yang dilaksanakan merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat. Maka Untuk melaksanakan pembangunan diperlukan biaya yang besar. Dan salah satu faktor penentu dalam ketahanan suatu negara adalah di lihat dari sektor finansialnya.

Maka dari itu peningkatan dalam pendapatan Negara yang dilakukan oleh Pemerintah, salah satunya berasal dari pajak. Oleh karena itu diharapkan bagi setiap warga negara agar senantiasa menumbuhkan kesadaran kewajiban membayar pajak, sebagai salah satu upaya kontribusi dalam menunjang pelaksanaan program pembangunan,cinta tanah air serta upayah mempertahankan keutuhan bangsa dan negara.

Comments

comments