Ketahui Kandungan Vitamin dan Manfaat Jeruk Nipis untuk Menghindari Berbagai Penyakit

Ilustrasi. (stimewa)

Jeruk nipis kaya dengan berbagai vitamin, mineral serta zat-zat lain. Tak heran bila buah ini sering dijadikan simbol berbagai produk vitamin atau suplemen makanan. Rata-rata dalam sebutir jeruk nipis mengandung 30 mg vitamin C. Jumlah tersebut bisa mencukupi hingga 30% kebutuhan harian vitamin C tubuh manusia.

Vitamin C peranannya amat sentral bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita. Vitamin C mudah terbawa keluar dari tubuh lewat urin. Jadi, setiap hari tubuh memerlukan asupan vitamin C secara terus menerus.

Vitamin C dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak. Penting untuk membantu proses pembentukan kulit, otot dan pembuluh darah dalam tubuh. Juga memelihara kekuatan tulang dan gigi.

Vitamin C juga merupakan zat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Seperti sudah diketahui, zat radikal bebas berperan terhadap proses penuaan dan juga dituduh sebagai salah satu penyebab kanker dan berabagai penyakit lain. Keberadaan radikal bebas ini tersebar di sekitar kita.

Tidak hanya vitamin C, jeruk nipis juga merupakan salah satu sumber vitamin A, vitamin B dan folat. Fungsi vitamin A yang paling terkenal adalah menjaga kesehatan mata. Disamping itu membantu pembentukan sel-sel baru dan penyembuhkan peradangan.

Sedangkan vitamin B mempunyai manfaat untuk membantu kinerja sistem saraf pusat sampai mendukung sistem kekebalan tubuh kita. Kandungan folat pada jeruk nipis juga bermanfaat bagi ibu hamil dimana kebutuhan akan asupan asam folat diperlukan untuk mencegah risiko kecacatan pada bayi.

Kandungan nutrisi pada jeruk nipis dan Cara pemanfaatan jeruk nipis untuk pengobatan: Jeruk nipis mengandung senyawa kimiawi seperti:

Asam sitrat,
Asam amino=>triptofan dan lisin,
Minyak atsiri => sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid.
Damar,
Glikosida,
Asam sitrun,
Lemak,
Kalsium,
Fosfor,
Zat besi,
dan belerang.

Kandungan nutrisi dan gizi Jeruk Nipis Per 100 Gram :

Vitamin C , sebesar 27 mg
Vitamin B1, sebesar 0.04 mg
Protein , sebesar 0.9 gram
Lemak , sebesar 0.2 gram
Karbohidrat, sebesar 11.4 gram
Mineral , sebesar 0.5 gram
Kalsium , sebesar 33 mg
Fosfor , sebesar 23 mg
Zat besi , sebesar 0.4 mg
Asam askorbat, sebesar49 mg
Energi , sebesar 51 kal
Sisanya Air ,sebanyak 86 gram

10 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

Jeruk nipis mengandung senyawa yang bisa menjaga kesehatan tubuh dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah manfaat jeruk nipis yang perlu anda ketahui :

Meredakan asma

Asma adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem pernafasan bagian atas yang dipicu oleh reaksi alergi. Setiap tahun, jumlah penderita asma di dunia semakin meningkat. Meskipun penyakit asma tidak bisa disembuhkan tetapi bisa dicegah dan diredakan dengan berbagai cara, termasuk menggunakan jeruk nipis.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa ekstrak sari buah jeruk nipis dapat mencegah timbulnya asma sekaligus meredakannya. Hal ini disebabkan karena jeruk nipis mengandung senyawa anti bakteri yang dapat mengurangi kontraksi otot halus pada sistem pernafasan, khususnya pada bagian bronkus.

Jika anda seorang penderita asma, anda dapat menjadikan jeruk nipis sebagai obat traditional untuk mencegah dan meredakan kambuhnya asma.

Menghilangkan jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah pada kulit yang sangat menyebalkan. Jerawat adalah gangguan pada kulit yang timbul akibat infeksi bakteri P acne, produksi minyak berlebih, pori-pori yang tersumbat dan wajah yang kotor. Membersihkan wajah dengan menggunakan jeruk nipis yang dilarutkan dalam air dapat membantu untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah anda.

Kita juga bisa mencampur sari jeruk nipis dengan madu, lalu mengoleskannya pada jerawat selama beberapa menit kemudian bilas. Campuran jeruk nipis dan madu akan mengurangi peradangan pada kulit wajah dan mencegah timbulnya noda bekas jerawat.

Mencegah flu

Kadar vitamin C yang tinggi dalam jeruk mampu melindungi tubuh dari seranagn virus influenza. Berdasarkan riset yang dipublikasikan dalam Journal of Pharmacheutical, kandungan vitamin C dan antioksidan jeruk nipis mampu menangkal infeksi virus influenza dan mencegah virus bereplikasi di dalam tubuh.

Mengkonsumsi jeruk nipis saat tubuh terserang flu mampu membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan dan membantu proses penyembuhan.

Melancarkan pencernaan

Buah yang terdapat kandungan asam didalamnya seperti jeruk nipis bisa merangsang produksi saliva atau air liur yang tentunya berguna untuk memecah zat makanan dalam sistem pencernaan. Mendengar kata jeruk nipis atau membayangkannya saja, air liur akan lebih banyak dihasilkan didalam mulut karena saat membayangkan makanan asam, otak merangsang kelenjar dalam mulut untuk memproduksi lebih banyak air liur.

Selain itu, flavonoid yang terkandung dalam jeruk nipis juga dapat memicu gerakan peristaltik dalam lambung sehingga lambung dapat dengan mudah mencerna makanan.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa masyarakat sering membuat acar dengan jeruk nipis dan menghidangkannya saat makan siang ataupun makan malam.

Mengurangi peradangan pada kantung kemih

Peradangan pada kandung kemih disebabkan karena adanya infeksi bakteri maupun efek senyawa berbahaya yang tidak tersaring oleh ginjal dan ikut masuk ke dalam urin yang melewati kandung kemih. Jeruk nipis mengandung flavonoid dan antioksidan yang dapat membersihkan darah dari senyawa atau racun berbahaya dalam tubuh yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih khususnya kandung kemih.

Mencegah dan mengatasi sariawan

Tahkah anda bahwa pelaut inggris telah lama mengkonsumsi jeruk nipis untuk mencegah dan mengobati sariawan khususnya saat berlayar di laut. Sebelum mengenal jeruk nipis, para pelaut sering jatuh sakit dan mudah terserang sariawan.

Hal ini bisa berakibat buruk pada tubuh karena cuaca di laut juga tidak menentu. Jeruk nipis mengandung vitamin C dalam kadar yang cukup tinggi setara dengan jeruk lemon sehingga mampu mengatasi masalah sariawan. Cukup dengan meminum sari jeruk nipis setiap hari, anda bisa terhindar dari sariawan dan infeksi rongga mulut lainnya.

Meredakan batuk

Masyarakat Indonesia tentu mengenal khasiat jeruk nipis sebagai obat batuk alami. Banyak orang yang percaya bahwa mengkonsumsi sari jeruk nipis yang dicampur dengan kecap dapat meredakan batuk.

Jeruk nipis mengandung minyak volatil dan anti dekongestan yang dapat menekan kerja sistem saraf pemicu kontraksi pada saluran nafas bagian atas dan mengurangi intensitas batuk. Selain mencampurnya dengan kecap, sari jeruk nipis dapat dilarutkan dengan air hangat dan diminum untuk meredakan batuk.

Meredakan demam

Selain berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C dalam jeruk nipis dapat menurunkan suhu tubuh akibat demam. Demam biasanya terjadi akibat adanya peradangan atau infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

Meminum larutan jeruk nipis ( perasan jeruk nipis yang dicampur air hangat) dapat membantu meredakan demam dan mengurangi efek yang ditimbulkan.

Mencegah diabetes

Diabetes adalah penyakit metabolisme dimana tubuh tidak dapat mengatur kadar gula dalam darah yang disebabkan oleh hilangnya kepekaan atau sensitifitas insulin. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pankreas dan berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Jeruk nipis adalah salah satu makanan yang dianjurkan dikonsumsi oleh pasien diabetes.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh American Diabetes Association, serat yang terkandung dalam jeruk nipis mampu membantu tubuh dalam mengendalikan kadar gula dalam darah serta mencegah kenaikan kadar gula yang terjadi secara drastis di dalam tubuh. Kenaikan kadar gula yang drastis sangat berbahaya bagi penderita diabetes dan dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh.

Melindungi mata dari kerusakan

Khasiat jeruk nipis yang lain adalah untuk melindungi mata dari kerusakan. Antioksidan dalam jeruk nipis dapat membantu mempertahankan kesehatan penglihatan dengan melindungi sel-sel pada mata dari efek radikal bebas.

Mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin juga mampu melindungi mata dari penuaan dan mencegah timbulnya katarak atau penebalan lensa mata yang biasanya terjadi saat seseorang menua.

Itulah kandungan nutrisi dan manfaat yang terkandung dalam jeruk nipis, buah yang kecil tetapi memiliki banyak sekali kegunaanya. Menyehatkan tubuh dan menjaga tubuh dari serangan berbagai macam penyakit mulailah mengkonsumsi jeruk nipis perharinya…. [Norma Yunita/DepokPos].

Comments

comments