Ini yang Membedakan PPDB 2018 dengan Tahun Lalu

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Depok, Mulyadi. (Foto: San/DepokPos)

DEPOK – Ada sedikit perbedaan yang perlu diketahui dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018/2019 untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan tahun lalu.

Sedikit perbedaan yang menjadi perhatian tersebut dikatakan Mulyadi selaku Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Depok, adalah penambahan skor untuk jalur prestasi. Hal tersebut menurutnya setelah pihaknya mendapat banyak masukan dari berbagai pihak untuk mengakomodir anak-anak yang berprestasi baik dalam bidang olahraga atau dalam bidang seni.

“Anak-anak yang berprestasi ini secara akademik mungkin kurang, kalau itu diperhitungkan, nilai hasil ujian standar nasional maka kemungkinan anak yang juara dibidang olahraga maupun seni, meskipun dia juara nasional akan ada kemungkinan kalah dengan anak-anak yang secara akademik bagus,” jelasnya saat ditemui DepokPos di ruang kerjanya belum lama ini.

BACA JUGA:  Pasien Rawat Jalan RSUD Depok Sekarang Bisa Daftar Online, Ini Caranya!

Mulyadi menambahkan dari masukan berbagai pihak pula, jika ingin mengakomodir anak-anak berprestasi, maka cukup dengan penilaian skor prestasi dan skor zonasi tanpa memperhitungkan skor nilai akademik.

“Dari masukan-masukan tersebut kita coba tuangkan didalam juknis (petunjuk teknis) dan untuk kriteria-kriteria yang termasukprestasi semua sudah ada di juknis,” imbuhnya.

Hal lain diluar jalur prestasi adalah pada skor zonasi, Mulyadi mengatakan terkait dengan zonasi, karena penekanan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan Permendikbud nomor 14 tahun 2018, yaoitu diusahakan anak-anak yang berdekatan dengan sekolah bisa mendapatkan prioritas.

BACA JUGA:  Wali Kota Depok Turut Salati Jenazah Korban Lion Air

“Karena itulah akhirnya skor zonasi kita tambah dua kali lipat, yang dulu zona satu skornya 50, sekarang zona satu menjadi 100. Skor zona dua yang dulu 45 sekarang menjadi 90, zona tiga dari 40 menjadi 80 dan seterusnya sampai zona yang terakhir,” tegas Mulyadi.

Dengan diperbesarnya skor donasi ini, harapannya untuk anak-anak yang tempat tinggalnya berdekatan dengan sekolah bisa mendapatkan prioritas lebih untuk bisa diterima.

Pendaftaran untuk jalur non akademik sendiri telah dimulai pada 28 -29 Juni dan pra pendaftaran bagi calon peserta didik dari luar kota Depok lulusan sebelum tahun Pelajaran 2017/2018 dan lulusan dari pendidikan kesetaraan Paket A pada tanggal 28 Juni hingga 3 Juli 2018.

BACA JUGA:  Taufiek Bawazier: 80% Bahan Baku Plastik di Indonesia Masih Impor

Sementara untuk pendaftaran online dilakukan pada tangga; 9-10 Juli 2018.

Info selengkapnya terkait jadwal pendaftaran bisa di cek di situs resmi PPDB Kota Depok pada alamat https://kotadepok.siap-ppdb.com/#/0200/jadwal.

 

Comments

comments