Hidup Sehat dengan Mengkonsumsi Buah-Buahan

Ilustrasi. (Istimewa)

Sudah banyak yang tahu bahwa buah adalah sumber protein dan banyak mengandung vitamin yang dapat menyehatkan tubuh. Tetapi masih banyak yang tidak ingin konsumsinya dikarenakan tidak suka dan bahkan ada yang malas mengkonsumsinya. Semua buah baik untuk dikonsumsi, baik secara langsung ataupun dibuat menjadi minuman (jus). Bila ingin dijadikan menjadi jus, tidak perlu dicampurkan dengan bahan lain seperti gula, susu atau sebagainya, karena buah yang secara alami dapat semakin baik bagi tubuh kita.

Manfaat buah-buahan untuk kesehatan dan menghilangkan penyakit tentu sangat beragam, dan dapat menghindari kita dari berbagai macam penyakit. Dengan mengkonsumsi buah-buahan otomatis tubuh akan mendapatkan gizi yang baik, meningkatkan energi dan mencukupi kebutuhan vitamin bagi tubuh kita. Selain manfaat diatas, buah-buahan juga memiliki manfaat lain, yaitu sebagai

1. Sumber vitamin, buah merupakan sumber vitamin dan berbagai jenis vitamin ada di buah.
2. Sumber Air dan Gizi, buah merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
3. Sumber antioxidan, buah merupakan salah satu sumber antioxidant alami terbesar di dunia.
4. Mencegah penyakit tertentu. Buah-buahan merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita agar tidak terserang penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya.
5. Obat luar tubuh, Buah-buahan juga dapat digunakan untuk menggunakan obat luar seperti jerawat, bisul, dan sebagainya.

Buah-buahan banyak mengandung vitamin, salah satunya adalah vitamin C. Vitamin C merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita, terutama untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tulang, gigi, kulit, dan jaringan lainnya.

Buah-buahan yang mengandung vitamun C yaitu,

1. Jambu biji
Jambu biji merupakan buah yang mengandung vitamin C paling tinggi. Seperti yang telah disebutkan di atas, jambu biji mengandung lebih dari 200 mg vitamin dalam satu buahnya, melebihi kandungan vitamin C yang dimiliki oleh jeruk.

2. Kiwi
Kiwi mengandung vitamin C sebanyak 84 gram per satu buah. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi juga lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan vitamin C dalam jeruk. Kandungan antioksidan dari vitamin C-nya yang tinggi membuat buah kiwi dapat membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas dalam tubuh.

3. Pepaya
Setengah buah pepaya mengandung kurang lebih 94 mg vitamin C. Jumlah ini sedikit lebih tinggi dibandingkan kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Konsumsi buah pepaya dapat membantu mencerahkan kulit dan memperkuat tulang Anda.

4. Stroberi
Setengah gelas (125 ml) stroberi mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah kandungan vitamin C dalam jeruk, tetapi stroberi tetap mempunyai manfaat banyak bagi tubuh. Selain vitamin C, stroberi juga mengandung antosianin dan asam ellagic. Dengan konsumsi stroberi dapat membantu mencegah kita dari kanker, penuaan, peradangan, dan penyakit saraf.

5. Nanas
Sebesar 39-49 gram vitamin C terkandung dalam setengah gelas (125 ml) buah nanas. Tidak berbeda jauh dengan kandungan vitamin C yang ada dalam buah stroberi.Selain vitamin C, buah nanas juga terkenal dengan kandungan bromelain yang ada di dalamnya.

6. Mangga
Lebih sedikit dari kandungan vitamin C yang ada dalam buah-buahan di atas, kandungan vitamin C dalam buah mangga adalah sebesar 29 mg. Selain sebagai sumber vitamin C, mangga juga sebagai sumber vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalium, dan tembaga.

Itulah buah-buahan yang mengandung vitamin C, tetapi tersimpan juga vitamin lain didalamnya. Maka dari itu, kita harus menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi buah-buahan. Bila perlu kita mengkonsumsinya setiap hari, agar kekebalan tubuh dapat terjaga dengan baik. [Norma Yunita/Depok Pos]

Comments

comments