Dampak Positif dan Negatif Medsos Terhadap Remaja

Ilustrasi. (Istimewa)

Oleh : Iqlima Fairuz Syifa (Mahasiswa STEI SEBI, Depok)

Era globalisasi banyak memberikan perubahan terhadap perkembangan zaman yang kian modern. Tidak dapat dipungkiri, teknologi yang awalnya diciptakan guna membantu dan mempermudah setiap kegiatan manusia, kini teknologi tersebut telah berkembang pesat dan semakin canggih. Sehingga terjadi penambahan fungsi teknologi yang kerap kali kian memanjakan kehidupan manusia.

Perkembangan teknologi yang bisa kita lihat saat ini terutama dalam media sosial salah satunya adalah Instagram. Sudah bisa dipastikan banyak dari masyarakat Indonesia yang sudah mengenal apa itu Instagram. Dilansir dalam sebuah website, bahwa Instagram telah membeberkan data internalnya perihal pengguna di Indonesia. Yakni sekitar 45-50 juta masyarakat Indonesia dikatakan sebagai pengguna aktif media sosial Instagram.

Tidak hanya itu, survei mengatakan bahwa mayoritas pengguna aktif Instagram di Indonesia adalah remaja yakni berkisar antara usia 18-24 tahun. Survei tersebut didapat dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan research market dunia, TNS, atas nama pengguna Instagram di Indonesia. Instagram dalam berbagai perkembangan fitur dan keunggulan yang dimilikinya, sangat digemari oleh remaja di era digital modern saat ini.

Perlu dipahami bahwa maraknya hal-hal negatif yang terjadi di media sosial sering menjadikan remaja sebagai korban utama dari hal-hal negatif tersebut. Berbagai informasi yang bisa diakses dengan mudah meyebabkan remaja menyalahgunakan media tersebut. Belum lagi tayangan atau gambar yang menjadi ikon utama dalam Instagram yang dijadikan sebagai suatu kebudayaan baru bagi remaja. Sangat mengkhawatirkan ketika remaja kerap kali terkena asupan negatif akibat terlalu sering bermain Instagram.

Berikut diantara dampak negatif lainnya akibat terlalu sering bermain Instagram bagi remaja :

1. Remaja menjadi malas belajar dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar, disebabkan telah kecanduan bermain Instagram.
2. Terdapat tayangan atau gambar muncul di Instagram yang berbau konten pornografi, sehingga menyebabkan penyalahgunaan media sosial dikalangan remaja.
3. Tuntutan tren atau style hidup masa kini yang remaja ikuti ketika melihat akun-akun Instagram yang menjadi idolanya.

Namun di sisi lain, adanya media sosial Instagram ini pun banyak dijadikan tempat untuk melakukan transaksi bisnis bagi kaum remaja yang kreatif. Salah satu diantaranya adalah bagaimana remaja mampu memanfaatkan ketenaran media sosial Instagram sebagai wadah bisnis mereka. Produk yang biasanya dijual pada akun online shop di Instagram seperti pakaian, aksesoris, make up, dan sebagainya.

Berikut diantara dampak positif yang diberikan Instagram terhadap remaja :

1. Instagram sebagai wadah bisnis bagi remaja yang ingin memulai usahanya sejak dini. Sudah banyak remaja yang memiliki online shop sendiri di media sosial Instagram.
2. Remaja mampu bersosialisasi dengan teman yang jaraknya jauh.
3. Instagram mampu menjadi sarana motivasi bagi remaja ketika melihat sosok yang diimpikannya.

Dengan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwasanya media sosial Instagram menjadi hal yang menarik bagi kaum remaja masa kini. Tidak dapat dipungkiri media sosial Instagram pun memiliki dampak postif dan negatifnya, tergantung bagaimana remaja memanfaatkan media sosial tersebut.

Tentunya peran orang terdekat menjadi hal yang penting agar membantu remaja membatasi diri dalam bermain Instagram. Dengan adanya tulisan sederhana ini, diharap mampu membuka mata bagi remaja agar lebih bijak lagi dalam menggunakan media sosial Instagram.

Comments

comments