8 Cara Alami Untuk Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi. (Istimewa0

Setiap orang menginginkan bentuk tubuh yang ideal dengan berat badan yang bagus. Biasanya jika memiliki berat badan dan bentuk tubuh yang sudah overload, seseorang akan segera melakukan program diet. Program diet merupakan salah satu cara yang paling baik untuk mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal. Tetapi masih banyak yang ingin menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi obat diet berbahan kimia, dan tidak memikirkan kesehatan. Diet yang baik adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat, perbanyak minum air mineral dan berolahraga.

Untuk menurunkan berat badan tidak langsung drastis, memerlukan waktu yang panjang. Dan yang lebih utama tergantung metabolisme tubuh, banyak yang sudah diet bertahun-tahun tapi belum juga mempunyai berat badan yang ideal. Melakukan diet memiliki banyak manfaat, selain menurunkan berat badan diet juga untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Perubahan menuju gaya hidup sehat adalah hal yang sangat positif.

Berikut ada beberapa cara diet alami dan cepat menurunkan berat badan

Menentukan target

Target sekecil apapun adalah salah satu niat dari dalam diri, inilah yang paling utama. Menuju langkah awal untuk mendapatkan badan yang ideal harus memiliki target berapakah yang akan kamu turunkan. Berhenti untuk menyemil goreng-gorengan, dan berniat hidup sehat.

Banyak mengkonsumsi air putih

Ini adalah salah satunya dalam mendetox kotoran yang ada didalam tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih dapat menghilangkan dehidrasi, dan akan merasa kenyang. Mengkonsumsi air putih yaitu dengan minimal 7 sampai 8 gelas perhari atau jika kalian menyukai air putih bisa sampai 1 liter perhari.

Olahraga

Salah satu hal yang harus dilakukan ketika sedang melakukan program diet adalah berolahraga. Olahraga secara rutin dapat mempercepat penurunan berat badan yang ideal karena keringat. Biasanya olahraga yang gampang adalah dengan jogging, tetapi masih banyak cara yaitu dengan senam aerobik, jalan santai, zumba kecil, atau olahraga lainnya. Jika kalian seorang pekerja, luangkan waktu pada hari libur untuk berolahraga walaupun sebentar.

Mengkonsumsi makanan kaya serat

Mengkonsumsi makanan kaya serat adalah hal yang wajib dalam program diet, selain rendah lemak makanan ini merupakan yang banyak protein. Makanan kaya serat dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran, diantaranya adalah kentang, brokoli, bayam, sayuran hijau, jambu biji, apel, pir dan pisang

Mengganti makanan karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks

Karbohidrat adalah sumber energi dan gula bagi tubuh kita sehingga tubuh sangat membutuhkan itu semua, biasanya karbohidrat didapat dari nasi, mie dan lainnya. Tapi ternyata makanan tersebut sulit untuk diserap oleh tubuh, sehingga menumpuk didalam tubuh menjadi lemak. Maka dari itu gantilah karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah, gandum, kacang-kacangan, sereal, dan lainnya yang mudah diserap oleh tubuh kita.

Memilih makanan yang diolah dengan cara tertentu saja

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari program diet, sebaiknya makanan hanya diolah dengan cara di rebus dan dikukus saja. Hindari makanan yang digoreng, karena percuma saja jika kalian tetap memakan makanan yang digoreng. Makanan yang dikukus dan direbus mempunyai kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan makanan yang digoreng. Apalagi makanan yang digoreng banyak mengandung lemak jenuh.

Mengurangi makanan kemasan

Makanan siap saji, makanan kemasan dan makanan yang digoreng banyak mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Ditambah bahan pengawet serta garam yang dapat menyebabkan gagalnya program diet. Jadi sebaiknya hal tersebut dapat dihindari.

Memperhatikan pola makan

Bila kita sedang melakukan pola hidup sehat, hal yang paling utama adalah memperhatikan pola makanan ini. Makan harus berpola dalam 3x perhari saja, biasanya makan pagi, siang dan malam. Makan pagi dengan sereal, dan buah saja dilanjut makan siang dengan ayam (dada) atau ikan beserta sayur-sayuran, dan makan malam hanya boleh memakan buah-buahan.

Jadi untuk menurunkan berat badan ada 8 cara yang alami dan mudah dijalankan jika kita mempunyai niat yang baik. Semua membutuhkan proses yang cukup panjang, tidak perlu takut untuk gagal jika kita sudah menerapkannya pada gaya hidup kita. Tetap semangat untuk hidup sehat. [Norma Yunita/DepokPos]

Comments

comments