23 Kandungan Gizi pada Jahe dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi. (Istimewa)

Jahe merupakan tumbuhan rempah-rempahan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Jahe memiliki rasa yang pedas dan hangat, sehingga banyak orang yang memanfaatkannya jika dalam keadaan dingin. Jahe juga bisa menjaga kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit seperti, kanker usus, jantung, rematik, masalah pencernaan, dan juga morning sickness atau mual-mual. Biasanya jahe diolah menjadi berbagai macam minuman seperti kopi jahe, teh jahe, gula jahe, dan masih banyak lainnya. Cara pembuatannya juga sangat mudah bila dalam keadaan terburu-buru, dengan menumbuk jahe lalu langsung diberikan air hangat.

Kandungan Gizi Jahe (Ginger)

Jaher atau Ginger mengandung berbagai nutrisi atau gizi, mineral dan senyawa tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah nutrisi-nutrisi atau gizi dan mineral yang dikandung oleh Jahe.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%

1. Kalori 80kcal –
2. Karbohidrat 17,77g –
3. Air 78,89g –
4. Protein 1,82g –
5. Gula 1,7g –
6. Serat 1,7g –
7. Lemak 0,75g –
8. Vitamin A 0µg –
9. Vitamin C 5mg 6%
10. Vitamin D 0µg –
11. Vitamin E 0mg –
12. Vitamin B1 (Thiamine) 0,025mg 2%
13. Vitamin B2 (Riboflavin) 0,034mg 3%
14. Vitamin B3 (Niacin) 0,75mg 5%
15. Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,203mg 4%
16. Vitamin B9 (Folat) 11µg 3%
17. Kalsium 16mg 2%
18. Zat Besi 0,6mg 5%
19. Magnesium 43mg 12%
20. Fosfor 34mg 5%
21. Potassium (Kalium) 415mg 9%
22. Sodium 13mg 1%
23. Seng (Zinc) 0,34mg 4%

10 manfaat jahe untuk kesehatan tubuh

1. Membantu mencegah penyakit kanker
Beberapa penelitian menunjukan bahwa Jahe memiliki senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan dan pengembangbiakan sel kanker pada usus besar dan sel-sel kanker pada lambung, pankreas dan kanker hati.

2. Memperlancar sistem pencernaan
Jahe memiliki banyak khasiat dan manfaat dalam membantu kelancaran sistem pencernaan terutama dalam hal membersihkan usus besar, m emperlancar buang air besar dan membuang gas yang beracun. Karena memilliki khasiat-khasiat ini, Jahe sering dijadikan obat alami dalam mengobati penyakit asam lambung (GERD) dan Sembelit.

3. Mengendalikan tekanan darah dan kadar kolesterol
Senyawa tumbuhan tertentu yang terkandung di dalam Jahe dapat membantu mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi dengan cara mencegah gumpalan darah terbentuk di arteri dan pembuluh darah. Kandungan dalam Jahe tersebut juga dapat menurunkan kadar kolesterol darah secara keseluruhan terutama kadar kolesterol LDL yang biasanya kita sebut dengan kolesterol jahat.

4. Mengurangi Nyeri menstruasi
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe bisa membantu mengurangi gejala nyeri menstruasi. Khasiat jahe sepertinya dapat disamakan dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat . Bagi wanita yang sering merasa nyeri saat menstruasi, bisa coba mengonsumsi ekstrak jahe sebanyak kurang lebih 500 – 2000 mg, selama tiga hari di awal menstruasi.

5. Osteoarthritis
Osteoarthritis adalah kondisi nyeri sendi atau kekakuan sendi yang disebabkan oleh cedera, obesitas, dan penuaan sendi. Menurut sejumlah penelitian, rasa sakit akibat kondisi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi ekstrak jahe. Tidak hanya melalui mulut, pijat menggunakan minyak terapi yang mengandung jahe dan jeruk juga dapat mengurangi kekakuan sendi dan nyeri akibat osteoarthritis.

6. Membantu menurunkan berat badan
Salah satu manfaat jahe adalah berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah menjadi panas tubuh. Di lain sisi jahe ini hanya menyumbang sedikit kalori sehingga tidak mempunyai peran besar untuk dapat menaikkan berat badan.

7. Membantu menjaga penyakit jantung
Jika dalam tubuh terdapat banyak kandungan kolesterol dan minyak yang merupakan susunan dari lemak nabati dan hewani dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Peran jahe di sini adalah sebagai penurun kadar triglyceride dan kolesterol yang berlebih dalam tubuh.

8. Mengkonsumsi jahe dapat membantu mengatasi mabuk perjalanan Dengan minum secangkir jahe sebelum bepergian jauh dengan menaiki kendaraan jahe dapat membantu mencegah mabuk perjalanan karena sifat jahe sebagai anti-mual.

9. Membantu mengatasi morning sickness
Di saat Ibu hamil terkadang mengalami mual-mual pagi atau nama populernya morning sickness karena pencernaan sedikit terganggu. Untuk mengurangi rasa mual yang terjadi pada ibu hamil tersebut Anda bisa mengkonsumsi wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur di pagi hari.

10. Menyehatkan otak
Kamu ingin meningkatkan kesehatan otak? Konsumsilah jahe secara teratur. Menurut penelitian, jahe akan menghambat proses peradangan yang terjadi di otak. Sehingga fungsi otak akan meningkat, fungsi kognitif bertambah, dan stres oksidatif penyebab penyakit Demensia juga akan menurun.

Konsumsi jahe secara rutin tidak perlu takut akan ketergantungan, karena kandungan jahe sangatlah banyak untuk tubuh. Jahe memiliki 3 jenis yaitu jahe gajah, jahe kuning, dan jahe merah,

1. Jahe gajah
Merupakan jahe yang paling disukai di pasaran Internasional.

2. Jahe kuning
Merupakan jahe yang banyak dipakai sebagai bumbu masakan, terutama untuk konsumsi lokal.

3. Jahe merah
Jahe ini memiliki kandungan minyak atsiri tinggi dan rasa paling pedas, sehingga cocok untuk bahan dasar farmasi dan jamu.

Itulah ciri-ciri jahe yang baik dikonsumsi bagi tubuh, selain untuk bahan masakan jahe bisa dijadikan jamu. [Norma Yunita/DepokPos].

Comments

comments