11 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan yang Membuatnya Sangat Layak Dikonsumsi

Buah semangka adalah salah satu jenis buah yang sangat mudah untuk kita temui di Indonesia, salah satunya banyak sekali yang berjualan di pinggiran jalan. Buah ini sangat manis jika di musim kemarau dan jika sedang musim buah ini banyak sekali. Buah yang satu ini memiliki dua warna yang satu berwarna merah dan yang satu berwarna kuning.

Semangka mengandung air dan rasanya sangat manis, sekarang semangka dikembangkan menjadi ada beberapa jenis ada yang tanpa biji dan berwarna kuning. Mesikupun ada beberapa jenis tetapi buah semangka ini tetap memiliki nilai gizi yang seimbang, buah semangka ini juga banyak sekali yang menyukai seperti anak-anak hingga manula.

Rasa buah yang manis,lembut dan menyegarkan di kala siang hari membuat buah ini amat digemari oleh semua orang. Semangka memiliki kandungan gizi yang sangat banyak, semangka mengandung mineral, vitamin, zat antioksida dan kalori yang cukup rendah. Dalam sepotong semangka segar maka anda bisa mendapatkan berbagai macam manfaat nutrisi.

Manfaat buah semangka sangat baik bagi tubuh yang berperan untuk membantu kesehatan dan menjaga metabolism tubuh. Kandungan yang dimiliki buah semangka diantarnya adalah vitamin A, C , E dan B6, magnesium, niasin, protein, kalsium, kalium, thiamin. Kandungan nurisi yang dimiliki buah semangka tersebut berdampak besar bagi kesehatan tubuh manusia.

Nilai gizi semangka per 100 gram sajian :

Kalium 319 mg
Fosfor 31mg
Magnesium 30 mg
Zat besi 0,98 mg
Selenium 1,2 mcg
Mangan 0,112 mg
Tembaga 0,15 mg
Seng 0,32 mg
Thiamin 0,092 mg
Riboflavin 0,09 mg
Niasin 0,521 mg
Folat 9 mcg
Asam pantotenat 0,654 mg
Vitamin B6 0,123 mg
Vitamin C 23,4 mg
Vitamin E 0,15 mg
Vitamin K 0,4 mcg
Ptotein 1,74 g
Serat 1,9 g
Kalori 85 kalori

Manfaat buah semangka untuk kesehatan :

Melawan penuan dini
Menjaga tekstur kulit tetap halus
Mengurangi minyak berlebihan pada kulit
Menjaga kelembapan kulit
Menjaga kesehatan mata
Menjaga berat badan tetap ideal
Memelihara kesehatan ginjal
Pencegah sariawan
Mengontrol tekanan darah tinggi
Mengurangi lemak berlebih
Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Jadi jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi buah semangka yang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh, karena kalau tidak mengkonsumsi buah-buahan tubuh kita akan menjadi tidak sehat karena tidak ada vitamin yang masuk dalam tubuh terkecuali vitamin dari sayur-sayuran. [Ayu/DepokPos]

Comments

comments