Peningkatan Keterampilan Mengetik 10 Jari di Kalangan Pelajar

Mahasiswa BSI berfoto bersama siswa SMK Informatika Yasma, Jakarta.

JAKARTA – Dalam rangka pemenuhan nilai mata kuliah Speed Typing pada semester 4, Mahasiswa BSI Fatmawati Jurusan Manajemen Administrasi melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada Sekolah SMK Informatika Yasma Jakarta yang bertema “Peningkatan Keterampilan Mengetik 10 Jari di Kalangan Pelajar”. Tema ini memiliki makna bahwa Ilmu Pengetahuan mengenai mengetik 10 jari di kalangan pelajar perlu ditingkatkan demi terciptanya masyarakat dan tunas muda yang dapat menjadikan Indonesia maju.

Dalam pelaksanaan ini terdiri dari tim yang beranggotakan Sri Maryani selaku ketua pelaksana, Anisa Fathonah, Muthia Metta Cantika dan Leo Agustian. Kegiatan yang dimulai pada tanggal 30 April dan berakhir pada tanggal 04 Mei 2018 ini berlangsung dengan lancar dan sukses. Kegiatan ini berisi pemberian materi lalu praktik secara langsung di lab komputer yang telah disediakan, hal ini dimaksudkan agar siswa tahu dasar dari pengajaran mengetik 10 jari dan dapat merealisasikan apa yang mereka pelajari dengan cara mengetik dengan komputer secara langsung.

Dalam pengajaran mengetik 10 jari tim pelaksana menggunakan aplikasi Rapid Typing, dan materi yang kami ajarkan yaitu posisi duduk pada saat mengetik serta posisi setiap jari pada keyboard. Rapid Typing sendiri adalah software yang dirancang untuk memberikan kemudahan untuk belajar mengetik dengan cara yang benar dan cepat sehingga dapat mengunakan keyboard komputer dengan lebih efisien dari sebelumnya.

Sebelum melaksanakan pengabdian tentunya tim sudah mendapatkan pelajaran tentang aplikasi Rapid Typing yang masuk dalam mata kuliah Speed Typing di semester III, mengoptimalkan ilmu tersebut tim melaksanakan kegiatan ini.

“Kegiatan ini cukup bagus, bisa melatih kecepatan mengetik menggunakan 10 jari, jadi lebih efektif saat mengerjakan laporan dan tugas“ ungkap Rifqi, Siswa kelas XI yang menjadi peserta disaat terakhir pelaksanaan kegiatan. Untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman siswa pada akhir pertemuan diadakan pula lomba dan untuk menambah semangat siswa 3 pemenang diurutan teratas memperoleh hadiah dari tim pelaksana.

Pengabdian ini sangat berkesan bagi seluruh anggota karena dapat menumbuhkan rasa sosialisasi terhadap sesama, menumbuhkan rasa tanggungjawab dan mengajarkan indahnya berbagi walau hanya dengan sedikit ilmu yang dimiliki.

“Tema ini dipilih agar siswa memahami arti pentingnya mengetik cepat dengan 10 jari di era digital ini dan kami senang karena kegiatan ini disambut baik oleh para guru dan siswa, perlengkapan di lab juga mendukung” Ujar Sri Maryani, sang ketua tim pelaksana kegiatan tersebut beberapa waktu lalu.

“Menurut kami, sebesar atau sekecil apapun itu ilmunya jangan pernah kita meremehkan ilmu tersebut, karena suatu saat ilmu itu akan membantu kita disaat kita membutuhkannya” imbuh Leo Agustian selaku anggota kelompok di waktu yang sama. [Sri Maryani]

Comments

comments