Masa Cuti Lebaran, RSUD Depok Tetap Siaga 24 Jam

RSUD Kota Depok. (Istimewa)

DEPOK – Cuti bersama menyambut Idulfitri 1439 Hijriah bagi instansi pemerintah, tidak berlaku bagi pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok. Sebagai lini depan pelayanan publik di bidang kesehatan, RSUD Kota Depok berkomitmen untuk tetap berjaga selama 24 jam, khususnya untuk Instalasi Gawat Darurat (IGD), rawat inap, dan ruang bersalin.

Direktur RSUD Kota Depok, Asloe’ah Madjri mengatakan, selain mempersiapkan sejumlah pelayanan yang buka 24 jam, RSUD Depok juga mengadakan piket untuk yang bertugas di manajemen struktural. Mulai dari Kepala Bagian (Kabag), Kepala Sub Bagian (Kasubag), Kepala Bidang (Kabid), Kepala Seksi (Kasi), hingga Manajer on Duty (MOD) yang juga tetap masuk dengan sistem 3 sif.

BACA JUGA:  BNPB: Gempa 6,2 SR di NTB Kamis Siang Susulan dari Gempa 7 SR

“Kami tidak menghitung libur Lebaran hanya H-2 sampai dengan H+2 Lebaran saja, tetapi mulai dari hari Sabtu tanggal 9 Juni mendatang sudah berlaku piket yang telah ditetapkan,” ujar Asloe’ah, di RSUD Depok, Kamis (07/06/2018).

Selain itu, tambahnya, bagi para pemegang kartu BPJS Kesehatan sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan yakni selama H-8 sampai H+8 Hari Raya Idulfitri, tetap bisa dilayani tanpa perlu ada rujukan dari faskes sebelumnya. Hal ini juga berlaku bagi pasien yang berasal dari luar Kota Depok.

BACA JUGA:  6 Negara Ini Miliki Destinasi Wisata Bagi Pecinta Kucing

“Kami berupaya untuk pasien BPJS Kesehatan bisa nyaman ke RSUD Depok, sehingga kalau butuh pelayanan kami silakan datang langsung saja tanpa perlu rujukan dari faskes tingkat pertama,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan, untuk poliklinik di RSUD Depok tidak semua tutup saat libur Lebaran. Tetapi, masih ada poliknik tertentu yang buka.

“Seperti Poli Penyakit Dalam, Spesialis Anak, Spesialis Kandungan dan Kebidanan, Bedah Ortopedi dan Urologi. Poli Gigi juga akan buka seperti biasa, hanya satu hari saja yang libur. Untuk lebih lanjut bisa bertanya langsung pada bagian administrasi RSUD Depok,” tandasnya.

BACA JUGA:  Jelang Asian Games, Kemenkes Susun Modul dan Pelatihan Kegawatdaruratan

Comments

comments