Seberapa Sering Kita Harus Mencuci Rambut?

lustrasi. (Istmewa)

Rambut adalah sebuah mahkota yang diberikan sebagai anugerah dari Yang Maha Kuasa oleh semua manusia tanpa terkecuali. Dengan itu kita harus menjaga mahkota ini dengan merawatnya agar tidak rusak terutama wanita. Tapi mungkin diantara Anda ada yang belum tahu kebiasaan mencuci rambut yang ternyata salah.

Mencuci rambut memang hal yang wajib karena setelah aktifitas yang kita lakukan seharian kulit kepala kita akan secara alami mengeluarkan minyak atau yang biasa disebut sebum tidak hanya itu jika tidak keramas rambut akan kotor, lepek dan terkadang menimbulkan bau yang tidak sedap.

Indi Safitri seorang mahasiswi sudah biasa mencuci rambut setiap mandi pagi dan sore setelah pulang kampus, kegiatan mencuci rambut setiap hari sudah dilakukan sejak ia kecil dan tidak ada dampak negatif yang iya dapatkan selama ini seperti ketombe, rambut rontok, kering atau patah “Seger aja kalau mandi lalu keramas soalnya jadi ngerasa bersih, wangi, dan tidak lepek. Kalau lama tidak keramas trus keringetan ngerasa risih dan rambut jadi lepek”.

Tapi apakah mencuci rambut setiap hari itu baik? Jadi sebenarnya berapa kali seminggu yang dianjurkan untuk mencuci rambut? Menurut Ibu Sri seorang hair styler yang telah menggeluti bidang tersebut sejak tahun 2010 “Keramas minimal 2-3 hari dalam seminggu saja sudah cukup karena jika terlalu sering keramas sama dengan merusak rambut dan juga membuat rambut jadi kering dan bercabang yang disebabkan oleh bahan kimia dalam sampo”.

Seberapa sering yang dianjurkan dalam mencuci rambut sebenarnya berbeda-beda setiap orang tergantung tipe kulit rambut masing-masing seperti dikutip dari American Academy Of Dermatology dalam artikel Tips for healthy hair dituliskan “Wash oily hair more frequently. How often you wash your hair should be based on how much oil your scalp produces. If your scalp is oily, you may need to wash it as often as once a day.If you have chemically treated hair, your hair may be drier, so you may want to wash it less frequently”. Atau yang bisa di artikan bahwa mencuci rambut di kulit kepala yang berminyak akan lebih sering. Seberapa sering Anda mencuci rambut harus didasarkan pada berapa banyak minyak yang dihasilkan kulit kepala Anda. Jika kulit kepala Anda berminyak, Anda mungkin perlu mencucinya sesering sehari sekali. Jika Anda memiliki rambut yang sering terkena bahan kimia jadi rambut Anda mungkin lebih kering, jadi Anda tidak disarankan mencuci rambut setiap hari mungkin bisa 2 kali saja dalam seminggu.

Jadi mengenali tipe kulit rambut adalah hal yang penting untuk menentukan perawatan apa yang akan kita lakukan terhadap rambut kita masing-masing jangan sampai salah perawatan karena rambut adalah salah satu aset mulai sekarang rawatlah rambut Anda agar tetap indah dan berkilau. [Marta Mercy Dyana/PNJ]

Comments

comments