Rekreasi Asri di Hutan CIFOR

Kota Bogor yang dijuluki Kota Hujan ini memanglah kota yang penuh keindahan. Setiap sudut Kota Hujan tersimpan berbagai tempat indah yang menjadi objek wisata oleh berbagai kalangan. Pada sebuah sudut tersembunyi di ujung barat Kota Hujan terdapat suatu tempat yang menyiratkan betapa asrinya Kota ini. Tempat itu bernama Hutan CIFOR.

Hutan CIFOR yang memiliki nama asli Hutan Penelitian Dramaga adalah kawasan perhutanan seluas 60 hektare yang ditujukan untuk penelitian. Terletak di Jalan Cifor, Bubulak, Bogor Barat, Kota Bogor. Hutan ini didirikan pada tahun 1956 oleh Balai Penyelidikan Kehutanan. Di tengah hutan ini terdapat kantor CIFOR (Center for International Forestry Research) sebagai lembaga yang bekerja sama dengan Balai Penyelidikan Kehutanan sehingga masyarakat sekitar lebih mengenal hutan ini dengan nama Hutan CIFOR.

Walaupun ditujukan untuk penelitian, Hutan CIFOR terbuka untuk umum. Di hutan ini pengunjung dapat bersepeda ria dipayungi pohon-pohon yang rindang, atau sekadar berjalan-jalan masuk ke dalam hutan dan tentunya tanpa dipungut biaya sepeserpun. Selain itu Hutan CIFOR punya daya tarik lain seperti penangkaran rusa dan Situ Gede.

Penangkaran Rusa

Penangkaran rusa di Hutan CIFOR ini sebenarnya juga ditujukan untuk penelitian. Namun, pengelola mengizinkan publik untuk berinteraksi dengan rusa sebatas dari luar kandang.

Salah seorang pengunjung bernama Saputra Anom mengaku senang karena penangkaran rusa ini terbuka untuk publik sehingga dirinya tak perlu pergi ke kebun binatang atau ke Istana Bogor untuk melihat rusa. “Penangkaran rusa ini dekat dengan rumah saya, jadi kalau mengajak adik saya rekreasi tidak perlu jauh-jauh,” ujar Anom.

Di penangkaran rusa ini pengunjung juga bisa memberi makan sayuran yang didapatkan dari penjual di sekitar penangkaran atau dengan mengambil sayuran yang tercecer.

Situ Gede

Sama halnya seperti penangkaran rusa, Situ Gede juga menjadi salah satu daya tarik di Hutan CIFOR. Letaknya berada di selatan hutan. Telaga berukuran 6 hektare ini dapat digunakan pengunjung untuk memancing, berperahu, atau sekadar santai di tepi telaga.

Bagian Selatan Hutan CIFOR merupakan titik Hutan CIFOR yang paling ramai dikunjungi, khususnya pada hari libur karena tempat ini adalah tempat paling lengkap fasilitasnya mulai dari warung, tempat duduk, toilet, dan tikar-tikar yang disewakan oleh warga sekitar, ditambah pemandangan indah langsung ke Situ Gede. Tempat ini biasa digunakan untuk kumpul-kumpul organisasi, teman, dan keluarga.

Jadi, jika bosan berekrasi ke tempat yang itu-itu saja di Kota Bogor, Anda bisa menjajal Hutan CIFOR sebagai destinasi rekreasi Anda. [Naufal Sasotyadeno/PNJ]

Comments

comments