Pengguna Internet Tinggi, Depok Potensial Kembangkan Ekonomi Digital

Ilustrasi. (Istimewa)

DEPOK – Tingginya jumlah pengguna internet di Kota Depok, dinilai cukup menjadi modal bagi Depok untuk mengembangkan ekonomi digital. Upaya pengembangan ke arah ekonomi digital ini, juga seiring dengan tren belanja online yang tengah berkembang di masyarakat.

Asisten Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Herman Hidayat menuturkan, dari tahun ke tahun Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kota Depok menunjukkan nilai yang cukup progresif. Tahun 2017, LPE Depok mencapai 7.28 persen dibandingkan dari tahun sebelumnya, berkisar di angka 6.54 persen.

“Pencapaian tersebut dinilai lebih baik dari perolehan kota/kabupaten tetangga,” katanya, saat membuka diskusi Forum Ekonomi di Balai Kota, Kamis (3/4/2018) seperti dilansir situs resmi Pemkot Depok.

Dikatakannya, salah satu faktor meningkatnya LPE Kota Depok, dikarenakan berkurangnya Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Depok. Saat ini, imbuhnya, TPT di Kota Depok sebesar 7 persen, jumlah tersebut terus mengalami penurunan. Tercatat di tahun 2015 sebesar 7,48 persen dan di tahun sebelumnya sebesar 8,44 persen.

Senada dengan pernyataan tersebut, Kepala Seksi (Kasi) Statistik Produksi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok, Erwin Subarkah mengatakan, pengguna internet di Kota Depok sebesar 65,17 persen. Jumlah tersebut, kebanyakan diakses melalui perangkat ponsel pintar (smartphone), sebesar 65,30 persen.

Dirinya menambahkan, ada enam besar kategori usaha di Kota Depok. Mulai dari perdagangan, informasi dan komunikasi (infokom), industri, real estate, angkutan pergudangan, dan jasa.

“Sebanyak 40 persen berada di sektor perdagangan, lalu disusul oleh infokom sebanyak 22 persen. Potensi ini kalau dikelola oleh pemerintah dengan baik, para pedagang diajak berwirausaha secara online, tentu akan melejitkan laju pertumbuhan ekonomi di Kota Depok,” tutupnya.

Comments

comments