Menabung atau Investasi, Mana Lebih Menguntungkan?

Ilustrasi. (Istimewa)

Menabung memiliki definisi sebuah kegiatan memisahkan sejumlah uang dengan maksud disimpan, dan dapat diambil sewaktu-waktu apabila dibutuhkan. Sedangkan, Investasi adalah menyimpan sejumlah dana dengan maksud tujuan jangka panjang.

Dengan kata lain, Keduanya memiliki kesamaan mengalokasikan sejumlah dana untuk disimpan di tempat yang aman.

Sedangkan perbedaannya terletak pada;

Kemudahan prosesnya
Menabung dapat diambil sewaktu-waktu karena bersifat jangka pendek. Sedangkan investasi tidak karena bersifat jangka panjang, ada tempo pengambilannya.

Risiko
Risiko dalam menabung relatif lebih kecil dibanding dalam berinvestasi. Karena keuntungan yang didapat dari investasi lebih besar dibanding menabung. High risk, high return. Dalam investasi resiko dan imbalan berbanding lurus.

Produk
Dalam tabungan ada berbagai macam produk seperti; tabungan, deposito, dan giro. Sedangkan dalam investasi ada dua bentuk yakni asset riil dan investasi dalam bentuk keuangan, seperti; obligasi, saham, reksadana.

Fungsi
Tabungan memiliki fungsi, dana simpanan bersifat likuid dan dapat digunakan sewaktu-waktu. Sedangkan investasi pada dasarnya memiliki fungsi sebagai pemenuhan kebutuhan jangka panjang.

Kelemahan menabung adalah persentase bunga yang didapat dari simpanan dana relatif kecil walaupun dana terjamin di bank yang bersangkutan dan besaran uang yang ingin kita ambil memiliki batasan pengambilan walaupun dapat diambil sewaktu-waktu.

Kelemahan investasi adalah resiko dalam berinvestasi dinilai sangat tinggi, sebanding dengan keuntungan yang akan di peroleh. High risk, high return. Dan dibutuhkan modal yang besar dalam investasi yang berbentuk riil aset. Memiliki pengetahuan dan skill akan ilmu pasar modal adalah sebuah keharusan.

Mana yang lebih untung dan harus dipilih?

Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa ‘tergantung pada tujuan yang ingin kita peroleh’. Apabila ingin mendapatkan dana jangka pendek maka menabung adalah solusinya, dan sebaliknya apabila ingin mengambil manfaat dikemudian hari, dan tidak membutuhkan dana cepat maka investasi lah jawabannya. Namun apabila membutuhkan kedua-duanya, maka perlu dilakukan kedua-duanya, yakni investasi dan menabung. [Ulfah Hanafiah/STEI SEBI]

Comments

comments