Melongok Sekolah Sungai Ciliwung di Kampung Sawah

Ciliwung merupakan salah satu sungai terpenting yang mengaliri Ibu Kota. sayang karena buruknya ulah manusia sepanjang aliran sungai dipenuhi dengan kotoran sampah. Namun berkat Usman Firdaus sebagian kawasan sungai ciliwung mulai membaik, bersama relawan Masyarakat Peduli Ciliwung atau biasa disebut Mat Peci, sungai ini kini lebih terawat.

Adanya program-program dari Mat Peci yang diberikan untuk melestarikan sungai ciliwung dirasa sebagaian besar masyarakat cukup baik. Sehingga orang tua dapat mengajak anak untuk peduli dan cinta dengan lingkungan, terutama dalam menjaga serta melestarikan ikan di sungai demi mengaja ekosistem.

BACA JUGA:  Jelang Asian Games, Kemenkes Susun Modul dan Pelatihan Kegawatdaruratan

Wajah-wajah bersemangat dan antusias terlihat dari raut wajah anak sekolah alam sungai ciliwung Kampung Sawah, Depok. Ketika ada arahan dari guru mereka. Para pelajar tidak sabar ingin segera melalukan kegitan yang sudah dijadwalkan oleh guru di sekolah. Rasa cinta terhadap lingkungan diperlihatkan dalam melaksanakan kegiatan bersih-bersih dibantaran sungai ciliwung.

Sebelum beraksi anak-anak diberi peralatan seperti sarung tangan dan kantong plastik untuk membawa sampah yang mereka kumpulkan. Tidak lupa para orang tua ikut serta untuk mendampingi sang buah hati. Selain bersih-bersih anak sekolah alam sungai ciliwung juga melaksanakan kegiatan konservasi alam seperti menanam pohon guna mencegah terjadinya banjir dan juga menebar bibit ikan agar tetap berlangsunganya ekosistem.

BACA JUGA:  BMKG: Gempa Susulan di Lombok Hingga 8 Agustus Terjadi 318 Kali

Selain memiliki program yang baik, Mat Peci juga memiliki fasilitas seperti saung, mushola, tempat wudhu, dan rumah baca. Komunitas Mat Peci juga membuat fasilitas track jogging yang bisa dimanfaatkan warga sekitar untuk berolahraga.

Menrut Tika selaku sekretaris Mat Peci kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengubah dari yang kurang baik menjadi baik agar sungai dapat terus bermanfaat untuk semua karena dalam melakukan kegiatan harus ada manfaatnya.

Dalam kegiatan ini masyarakan bantaran sungai khususnya daerah Kampung Sawah, Depok tidak dipungut biaya apabila ingin mengikuti kegiatan sekolah ini. Selain itu juga sekolah sungai ciliwung tidak memberi batasan umur. Sehingga siapa saja yang ingin ikut serta dalam menjaga lingkungan khususnya sungai bisa langsung datang ke sekolah ciliwing yang berada di Kampung Sawah, Depok.[Desi Kurnia Damayanti]

BACA JUGA:  BNPB: Gempa 6,2 SR di NTB Kamis Siang Susulan dari Gempa 7 SR

Comments

comments