Maksimalisasi Dana Ziswaf di Indonesia Mengikuti Perkembangan Fintech

Ilustrasi (Istimewa)

Islam adalah agama yang bersifat universal, Islam adalah agama yang mengatur seluruh tata cara kehidupan di dunia dan akhirat. Dan aturan – aturan , pembahasan – pembahasan Islam juga tidak akan pernah luput sedikitpun. Bahkan dalam permasalahan – permasalahan juga Islam ikut mengatur dan membahasanya diantaranya,: Sosial, budaya, ekonomi, politik, teknologi dan lainnya.

 

Negara asing seperti Inggris yang kita lihat saat ini mereka sudah lebih dulu menerapkan sistem Ekonomi Syari’ah begitupun juga dengan negara Malaysia yang bahkan negara Malaysia ini sudah menjadi pusat keuangan (Fintech) di Asia Tenggara, karena mereka sangat ulet, cekatan, dan cerdas dalam mengelolanya, dan karena mereka memiliki keinginan dan mengerti dalam penerapan – penerapan ekonomi Islam.

Memang dulu Indonesia masih kalah dengan dua negara ini dalam perekonomiannya, mengelola keuangan, dan bahkan teknologi keuangannya sekalipun. Karena berhubung Indonesia juga tidak memiliki teknologi – teknologi yang canggih seperti di Inggris dan Malaysia, jadi Indonesia sudah banyak tertinggal.

Tapi, pada zaman yang modern ini Indonesia sudah mulai bangkit dari keterpurukan terutama dalam hal Ekonomi dan teknologi keuangan. Yakni di bantu dengan adanya program ZISWAF di Indonesia yang sangat memudahkan dan mengikuti perkembangan FINTECH di Indonesia. Dan sebelumnya, disini saya akan menjelaskan definisi ZISWAF terlebih dahulu.

Program ZISWAF adalah program Zakat, Infaq, Wakaf, Shodaqoh yang dikelola MATA. Tapi khusus zakat MATA bekeja sama dengan Rumah Zakat Indonesia dalam pengelolanya. Dan dalam Infaq sendiri MATA juga memiliki program yang bernama MATA – Invest. Yang gunanya untuk menerima Infaq dari yang memberikannya lalu pengelola Infaq menyalurkannya seperti kepada program – program pendidikan, Kajian Islam Intensif, dan yang lainnya yang bisa kita nikmati bersama manfaatnya.

Dan sedangkan untuk shodaqoh MATA juga memiliki program yang khusus untuk shodaqoh yakni bernama MT. Dimana program ini sangat membantu orang – orang yang ingin shodaqoh tetapi dengan agar tidak diketahui oleh orang lain dengan cara mentransfer kepada pihak MT.

Dan yang terakhir untuk Wakaf sendiri. MATA juga memiliki program yang bernama Wakaf Infokus dan ada juga Wakaf Rumah Kreatif yang keduanya juga memberikan dananya untuk acara – acara seperti : Seminar dan Workshop.

Mungkin dengan adanya program dana ZISWAF ini dapat membantu negara Indonesia dan memberi solusi dalam keteknologian keuangannya. Karena program dana ZISWAF ini sudah terkenal dan bahkan penerapannya sangat bagus bagi perkembangannya di Indonesia. [Ummi Latifah M/STEI SEBI]

Comments

comments