Mahir Mengetik 10 Jari Guna Tingkatkan Sumber Daya Manusia

Di jaman era digital ini, kemampuan mengetik untuk setiap individu sangat berpengaruh dewasa ini. Sehingga sangat diutamakan seseorang untuk meningkatkan kualitas kemampuan mengetik tersebut karena mengikuti perkembangan era digital ini.

Mengetik 10 jari ini sangat berpengaruh guna meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) untuk menghadapi persaingan persaingan ketat dimasa depan . Baik dalam dunia pekerjaan maupun dunia pendidikan. Terutama kepada para pelajar SMK yang sudah terdidik untuk melanjutkan pekerjaan setelah lulus sekolah, di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan. Tak hanya itu, bahkan dalam kebiasaan sehari-hari kemampuan mengetik 10 jari secara tepat akan lebih efektif demi melangsungkan aktivitas aktivitas yang berkaitan tersebut.

Disini mahasiswa BSI Bina Sarana Informatika telah memberikan tutorial guna memenuhi pengabdian masyarakat yang diadakan oleh setiap kampus tersebut. Para peserta yang diikutsertakan dalam acara tersebut adalah siswa-siswi SMK Arrahmaniyah , Pondok terong, Kota Depok. Pembelajaran yang diberikan kepada siswa dan siswi tersebut lebih fokus kepada jurusan Administrasi Perkantoran.kelas dua SMK. Yang suatu saat nanti akan sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan dan produktivitas generasi penerus bangsa.

Dan pembelajaran yang diberikan tepatnya menggunakan aplikasi software rapid typing 5.0 yang lebih menarik untuk dipelajari dan diterapkan. Tepatnya lebih mengasyikkan layaknya game-game yang berada dalam aplikasi tersebut. Sistem aplikasi rapid typing 5.0 tersebut juga sangat direkomendasikan untuk para pemula yang belajar mengetik secara tepat dan cepat.

Software ini sangat mudah, pada layout gambar keyboard ditampilkan gambar tangan yang sedang mengetik, bila kita menekan sebuah tombol keyboard sesuai dengan materi yang di berikan maka jari tangan pada keyboard yang di tampilkan akan terlihat menekan tombol keyboard, tapi bila huruf yang kita tekan salah maka pada keyboard akan tampil tanda X. Dengan penggunaan software rapid typing ini akan membantu user dalam mengetik cepat, tepat dan benar.

Kebanyakan para peserta terlalu asyik untuk belajar mengetik 10 jari dengan menggunakan aplikasi rapid typing, yang tampilannya memang menyenangkan seperti game. Metode pembelajaran dalam pengetikkan tersebut tidak membosankan sama sekali. Dan tanggapan untuk sisa dan siswi kelas dua jurusan administrasi perkantoran SMK Arrahmaniyah menurutnya menyenangkan, mereka lebih menyarankan seharusnya waktu dalam metode pembelajaran tidaka terlalu singkat. Mereka menanggapi bahwa menginginkan metode pembelajaran tersebut dalam mata pelajaran, atau jika training seperti hari lalu. Mereka menginginkan 2 minggu dalam pembelajaran tersebut.

Kami sebagai tutor sangat senang dapat memberikan pengarahan yang tidak membosankan guna meningkatkan kualitas SDM penerus bangsa. Harapan kami dalam memberikan pengarahan tersebut, setidaknya setiap siswa dan siswi SMK Arrahmaniyah bisa lebih tepat dalam menguasai sistem pengetikkan 10 jari secara cepat dan benar. Dalam kecepatan pengetikkan memang perlu kebiasaan, namun dalam kebenaran untuk menekan tuts dan peletakkan jari jari itu yang harus dibiasakan.

Singkat kami dalam memberikan pengarahan tersebut, kecepatan yang diraih oleh siswa siswi yang mengikuti pelatihan tersebut rata – rata masih sekitar 24 wpm . Dan itu masih jauh dari kecepatan optimal pengetikkan yang benar. Para siswa dan sisiwi tersebut juga kebanyakan masih menguasai 5 dan 6 jari. Ada beberapa yang sudah menguasai 10 jari dan memang patut untuk diperhatikan namun kecepatannya juga masih bisa dikatakan lambat. Mungkin karena belum menjadi kebiasaan saja. [Dita Nur Chasanah/BSI]

Comments

comments