Langkah Awal Memiliki Wajah Sehat

Ilustrasi. (Istimewa)

Wajah yang sehat menjadi dambaan bagi semua orang, kaum laki-laki maupun perempuan. Karena dengan wajah yang sehat akan menjadikan kulit wajah menjadi lembut, bersih dan berkilau. Masalah kulit wajah seperti jerawat, kulit kusam, komedo, tidak akan terjadi jika kita menjaga kesehatan kulit dengan baik.

Bagaimana cara menjaga kesehatan kulit wajah, supaya tidak berminyak dan tidak kering?. Kita bisa memulai dengan mencuci wajah secara teratur, karena kita tinggal di negara tropis, hal tersebut sangat penting dilakukan untuk menjadi langkah awal. Menurut dr. Armansjah Dara Sjahruddin, ahli dermatologist di acara Jakartaxbeauty 2018, kita diharuskan mencuci wajah pagi hari sebelum melakukan aktivitas, setibanya di rumah setelah melakukan aktivitas di luar rumah, dan pada malam hari sebelum tidur.

Kaberadaan kita di negara tropis membuat minyak wajah itu suka sekali berada di kulit kita. Minyak yang ada di wajah pun suka berlebihan, dari kelebihan minyak tersebut bisa menimbulkan tumbuhnya komedo pada wajah. Ditambah dengan bakteri dari debu yang berkembang di wajah karena polusi lingkungan yang bisa menyebkan timbulnya jerawat. Aktivitas yang juga dilakukan langsung berhadapan dengan paparan sinar matahari dapat merusak jaringan kulit pada wajah. Dengan mencuci wajah tiga kali sehari kita sudah menjaga kelembapan kulit wajah kita.

Sebagian besar masyarakat yang tinggal di negara tropis kebanyakan memiliki wajah berminyak dan kombinasi. Tidak menutup kemungkin bila kita tinggal di Negara tropis memiliki kulit wajah yang kering. Salah satu peserta pada lokakarya Jakartaxbeauty 2018 menanyakan permasalahan kulitnya yang kering, apa tetap harus mencuci wajah tiga kali sehari?. dr.Dara menjelaskan dengan tipe kulit yang kering tidak masalah bila mencuci wajah tiga kali sehari, dengan menggunakan produk yang diperuntukan untuk wajah yang memiliki tipe kulit kering.

Peserta lainnya yang bertanya memiliki masalah kulit yang berjerawat. Tapi, dengan padatnya aktivitas membuat ia lupa mencuci wajah, apa ada cara lain untuk mengatasi masalah kulitnya yang berjerawat?. Dengan kembali menjelaskan Masalah kulit yang berjerawat itu disebabkan karena kulit yang berminyak. Cara awal untuk mengatasinya adalah dengan rutin mencuci wajah. Sepadat apapun aktivitas yang dilakukan kita harus tetap menyempatkan waktu untuk rutin mencuci wajah, kembali dijelaskan oleh dr. Dara.

Berada di wilayah yang memiliki iklim tropis kerap kali mebuat kulit wajah menjadi berminyak, dan dapat menyebabkan timbul masalah kulit lainnya. Jadi, untuk menjaga kesehatan kulit wajah kita, kita perlu melakukan langkah awal yaitu dengan mencuci wajah dengan rutin. [Ayuhana Santi/PNJ]

Comments

comments