KSEI IsEF SEBI Gelar Kajian Akbar “Grand Study” dengan Tema “Generasi Millennial Era”

DEPOK – Dalam rangka menambah khazanah keilmuan Ekonomi Islam dan sebagai rangkaian terakhir Kajian Selasa IsEF (KaSEF) sebelum re-generasi, Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) IsEF SEBI mengadakan kajian akbar “Grand Study”, yakni kajian Ekonomi Islam yang diselenggarakan sebagai puncak dari KaSEF. Kajian kali ini mengangkat tema “Generasi Millennial Era : Tantangan dan Peluang Dakwah Ekonom Muda Indonesia” yang diselenggarakan di Sebi Hall STEI SEBI.

Dalam sambutannya, ketua umum IsEF Halwani mengatakan bahwa karakter ekonom muda ada dua, yakni moral dan kinerja. Ia juga menambahkan ekonom muda juga harus memiliki bekal 4 potensi, yaitu Berfikir Kritis, Kreatif, Komunikatif, dan Kolaboratif.

Materi kajian kali ini disampaikan oleh dua Narasumber yakni Bapak Anto Apriyanto, M.E.I selaku Dosen Ekonomi Islam UMT dan Majelis Hakim BPSK Bogor dan Bapak Ricardo Lumalessil, MM., selaku Dosen di STEI SEBI dan sebagai Direktur di PT Bata Tbk. yang moderatori oleh Muhammad Al Batati selaku koor Human Capital Manajemen IsEF.

Dalam Materinya mengenai millennial era, Anto memaparkan Millennial adalah generasi yang ditandai akrabnya media dengan tantangan di era sekarang. Beliau juga mengatakan hubungan dengan Ekonomi Islam ialah karena Ekonomi Islam adalah satu-satunya harapan pasti untuk kelangsungan peradaban manusia.

Sedangkan Ricardo Mengatakan “Generasi Millenial ialan Generasi Autistic Thinking. Kumpulan dari generasi genius yang mereka itu tidak ingin dipimpin. Generasi millennial ini agak unik.”

“Ciri-ciri anak-anak millennial itu “KEPO” alias serba ingin tau. Anak millennial anak-anak yang sangat ingin hidup fleksibel. Yang paling penting untuk millennial ini adalah mereka loyal terhadap orang-orang yang mereka anggap Coach mereka. Mereka sangat ingin menjadi bagian dari solusi. Mereka butuh fleksibillitas, tidak mau terkungkung.” Tambah Ricardo.

Setelah diisi penjelasan materi yang luar biasa, acara Grand Study ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan penyerahan bingkisan kepada pemateri. Seminar yang berlangsung selama 2 jam ini berjalan dengan lancar, terlihat dari antusiasme peserta yang hadir dan menyimak penyampaian materi dengan serius. (Niehayatul Amaliyah)

Comments

comments