Bedak Beras, Sahabat Baik bagi Kulit

Ilustrasi. (Istimewa)

Badak bareh atau yang lebih dikenal dengan bedak beras, merupakan salah satu perawatan kecantikan kulit tradisional berasal dari Sumatra Barat. Banyak orang juga mengenalnya dengan masker beras atau bedak dingin alami dengan campuran bahan lainnya, seperti bengkuang, daun pandan dan kembang yang dikeringkan.

Sesuai namanya, bedak beras dipercaya memiliki khasiat istimewa. Perawatan kecantikan yang dilakukan turun temurun ini banyak digunakan masyarakat, terutama kaum hawa yang memiliki segudang masalah kulit wajah. Berbagai cara pun dilakukan untuk mendapatkan kulit yang bersih dan mulus, bahkan dengan cara instan yang dampaknya bisa saja membahayakan di kemudian hari. Namun, bedak beras hadir untuk merawat kesehatan kulit secara alami dan tentunya tidak memiliki efek samping.

Menurut dr. Karunia Ramadan, dalam situs klikdokter.com mengatakan bahwa beras sendiri kaya akan kandungan vitamin B yang diteliti mampu mencerahkan kulit. Selain itu, ia juga menjelaskan bila masker/ bedak beras adalah cara alami untuk mendapatkan kulit wajah yang putih, bersih, dan sehat.

“Masker beras yang dibuat dengan bahan-bahan alami tanpa pengawet diklaim aman dari berbagai efek samping terhadap kulit, kandungan bahan alaminya membuat angka risiko alergi terhadap kulit menjadi sangat kecil”, paparnya seperti dilansir dari klikdokter.com.

Selain itu, beras juga memiliki kandungan allantonin yang berfungsi sebagai anti-radang (anti inflamasi), melindungi kulit dengan meningkatkan kadar air pada sel-sel kulit, mempercepat pertumbuhan sel kulit baru, mencerahkan kulit, dan mampu mencegah serta mengobati kulit dari jerawat hingga kulit berminyak.

Disamping baiknya kandungan beras, bedak beras yang dicampur dengan wewangian bunga kenanga, mawar, sedap malam, hingga melati yang dikeringkan pun juga menambah khasiatnya yang meningkatkan kecerahan pada kulit serta melembapkan, sehingga aman untuk semua jenis kulit. Adapula sebagian orang menambahkan sedikit parutan kunyit untuk melindungi kulit dari efek pigmentasi, tanning, dan sebagai anti aging atau tanda penuaan pada kulit.

Seperti Nayla Nazneen, remaja putri yang rutin memakai bedak beras untuk merawat kulitnya dari masalah jerawat dan komedo. Menurutnya, dengan menggunakan bedak beras tidak akan menimbulkan efek samping, terlebih kulit wajah cukup sensitif dan lebih baik jika digunakan saat malam, ketika menjelang istirahat.

Memang, bedak beras memiliki banyak manfaat disamping mudahnya bahan yang bisa ditemukan dan dibuat sendiri. Namun, bila menginginkan efek kulit wajah yang bersih dan mulus hendaknya perawatan dengan bedak beras dilakukan secara rutin dan dengan waktu pemakaian sekitar 20-30 menit untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Selain itu, jangan gunakan zat kimia atau sejenisnya agar kulit aman dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi kesehatan kulit. (Risda Nadiva/ PNJ)

Comments

comments