6 Tips Penting Menjadi Solo Backpacker

Menikmati perjalanan jarak jauh dan liburan bersama keluarga merupakan suatu hal yang menyenangkan, berbeda dengan para backpacker, mereka lebih suka melakukkan travelling sendiri atau yang lebih sering disebut solo backpacker.

Backpacker merupakan salah satu cara alternatif dalam melakukan perjalanan sendiri tanpa mengikut kelompok tur, dengan membawa barang sedikit mungkin dan melakukan perjalanan dengan biaya murah.

Backpacker memiliki sifat mendidik karena semua perjalanannya dilakukannya sendiri. untuk backpacker tulen hanya melakukan perjalanan secara mandiri, yaitu mereka tidak mau mengunakan jasa agen perjalanan apalagi dengan mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Menjadi solo backpacker bukanlah satu hal yang mudah, butuh persiapan yang lebih, karena seorang backpacker itu terkesan nekat dan butuh keberanian. Bagi para backpacker pemula untuk melakukan perjalan sendiri terasa lebih sulit dan sangat membutuhkan informasi dari para solo backpacker yang sudah berpengalaman sebagai sumber referensi.

Sebagai backpacker pemula pastinya sangat membutuhkan tips-tips dari seseorang yang sudah berpengalaman saat solo backpacker agar tidak kebingungan. Berbagai pengalaman dan tips pun sudah banyak dibagikan oleh para solo backpacker yang berpengalaman di grup facebook backpacker nusantara, berikut adalah tips buat para backpacker pemula, yaitu :

  • Buatlah peta perjalanan agar perjalananmu terasa lebih aman, bertujuan agar nantinya tidak kebingungaan.
  • Bawalah barang seperlunya supaya kalian tidak merasa kerepotan selama perjalanan.
  • Menggunakan transportasi umum atau berjalan kaki akan menambah uang jajanmu.
  • Kontrol nafsumu selama perjalanan, keinginan yang berlebihan, bisa berakibat fatal.
  • Berbaurlah dengan warga sekitar, kamu akan dengan mudah menemukan surga-surga tersembunyi. Pilihlah destinasi-destinasi yang ramah dengan wisatawan agar membuatmu nyaman selama perjalanan.
  • Selalu update tiket promo pesawat maupun kereta biar perjalanmu bisa lebih hemat.

“Menjadi seorang backpacker itu yang penting punya keberanian, karena kalau tidak punya keberanian jangan coba-coba jadi backpacker, dulu saya juga pertama-pertama masih ragu, tapi saya menyakinkan diri saya, akhirnya saya bisa menjalankan trip ke Kota Malang dan Bromo,” Ujar Sifa Fauziah Backpacker yang sudah berpengalaman.

Buat para backpacker pemula, keenam tips tersebut sangat membantu supaya tidak kebingungan saat solo backpacker dan jangan lupa untuk terus berhati-hati sepanjang jalan, tapi tetap menikmati setiap momen menuju tempat yang baru. Salam backpacker. [Muhammad Fikri Sahara/PNJ]

Comments

comments