3 Tokoh Terima Anugerah Budaya FIB UI 2018

(Foto: Nanda)

DEPOK – Anugerah Budaya Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, kini kembali memperkenalkan budayawan Indonesia. Dalam tema, “Menjadi Tradisi, Membangun Generasi” Anugerah Budaya 2018 dilaksanakan di Auditorium Gedung IX Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (3/5/2018).

Pemberian anugerah budaya merupakan salah satu apresiasi kepada tokoh budaya yang telah berjasa dalam melestarikan dan mengembangkan kebudayaan di Indonesia. Pada Anugerah Budaya 2018 ini, FIB UI memberikan kepada tiga tokoh dari 15 tokoh budaya yang telah dihimpun oleh Tim Anugerah Budaya FIB UI.

Ketiga tokoh tersebut antara lain, dua orang seniman dan satu orang pembina seni. Mereka telah merawat tradisi budaya Indonesia hingga tercapainya sebuah jembatan yang menghubungkan masa lalu dan masa kini. Demi memberi masa depan dan peradaban bangsa yang lebih baik, mereka adalah Iman Rahman Angga Kusumah “Kimung” dalam kategori Seniman Tradisi. Ia adalah seorang guru, pembuat film, dan pemusik dari Bandung.

BACA JUGA:  Jalin Silaturahim, Walikota Depok Gelar Buka Puasa Bersama Insan Pers Kota Depok

Kimung berhasil membangun kearifan lokal dengan cara, menghadirkan musik tradisional ke dalam musik mental. Hasil perkawinan antara musik tradisional dengan metal biasa disebut dengan Karinding Attack atau Karat.

Selain Kimung, ada lagi seorang sastrawan Bali bernama Umbu Wulang Landu Paranggi. Ia juga menerima anugerah budaya dalam kategori Seniman Modern. Totalitas pengabdian dan pembangunan pada sastra, membuat ia dijuluki sebagai “Presiden Malioboro”.

Dalam Kategori Pembina Seni, Anugerah Budaya FIB UI memberikan anugerahnya kepada Eddie Marzuki Nalapraya seorang tokoh dalam memajukan dan membangun masyarakat Indonesia melalui Pencak Silat. Pencak Silat memang identik dengan Eddie, ia menyakini bahwa Pencak Silat mengandung tiga unsru kesatuan yang tidak bisa pisahkan oleh mental, yakni mental, bela diri dan seni.

BACA JUGA:  Zizara Gagas Ajang Cari Bakat "Face Of Muslimah"

“Ketiga tokoh pilihan ini, kita berterima kasih pada keteladanan mereka, dan kita berharap belajar dan dapat melanjutkan kerja kehidupannya,” ucap Prof Riris K. Toha-Sarumpaet,Ph.D dalam acara Anugerah Budaya FIB UI.

Kimung, Umbu, dan Eddie adalah salah satu warga bangsa yang telah mengabdi pada kehidupannya dengan karunia kelebihan dan talenta yang dipunyainya untuk Indonesia. Dengan hal seperti ini, peradaban dan bangsa Indonesia akan bertumbuh maju, dan berjaya. [Erfah Nanda]

Comments

comments