Tips Untuk Bunda: Cepat Kenal dan Akrab dengan Ibu-ibu di Lingkungan Sekitar

Ilustrasi. (Istimewa)

Oleh Susi Susilawati

Lingkungan sekitar merupakan awal dari kehidupan yang mengharuskan kita beradaptasi dengan tetangga ataupun ibu-ibu yang ada di sekitar kita. Kita juga harus melakukan sosialisi atau pendekatan-pendekatan tertentu dalam berintraksi dengan warga masyarakat disekitaran kita.

Ada banyak cara yang bisa memudahkan dan mempercepat proses sosiali kita dengan ibu-ibu di lingkungan sekitar. Yang pasti di butuhkan kemauan dan kerja keras kita karena butuh pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran kita. Bagi orang yang pandai dalam sosialisasi dan punya sifat supel, maka pekerjaan hal ini merupakan hal yang mudah dan sangat menyenangkan, akan tetapi bagi individulis dan kaku mungkin pekerjaan seperti ini sangatlah berat.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan agar cepat kenal dan akrab dengan ibu-ibu di lingkungan sekitar :

Ikut serta pengajian-pengajian ibu di lingkungan sekitar

Luangkanlah waktu untuk menghadiri pengajian-pengajian ibu-ibu rutinan, yang biasanya di adakan di masjid-masjid lingkungan sekitar. Biasanya dengan kehadiran kita bisa memberikan pengaruh kepada ibu-ibu supaya lebih semangat untuk hadir di majlis-majlis pengajian. Apalagi ditambah jiga kita memberikan tenaga kita atau ilmu kita kepada para peserta pengajian. Perbanyaklah berintraksi dengan mencoba menanyakan beberapa permasalahan lingkungan atau apapun itu. Dan di selipkan guronan-guronan yang menarik dan sopan.

Mengajar di TPA-TPA lingkungan terdekat

Manfa’atkanlah ilmu-ilmu yang kita punya kepada anak-anak yang ada di TPA, misalkan dengan mengajar ngaji, bahasa arab atau ilmu-ilmu agama lain-Nya. Metode ngajarnya pun dengan cara lebih kepada pendekatan terhadap anak-anakNya, sehingga kita bisa mengenal lebih dekat kepribadian anak-anak tersebut.

Ikut berpartisipasi dalam kegiatan warga sekitar

Jika ada kegiatan warga sekitar seperti kerja bakti, pengajian dan lain sebagainya ada baiknya kita ikut berpartisipasi, awal-awal minimal dengan peserta biasa saja, kedepannya kita bisa yang mengajukan kegiatan-kegitan untuk lingkungan tersebut. Maka lama kelamaan kita pun akan di kenal oleh banyak warga sekitar lingkungan tersebut.

Demikian tips-tips yang harus dilakukan agar cepat kenal dan akrab dengan ibu-ibu dilingkungan sekitar. Hindari sifat-sifat yang buruk seperti sombong, pelit, individualis, galak, mahal senyum, dan lain-lain. Apabila hubungan kita udah baik dengan ibu-ibu, maka kita akan merasa hidup kita telah berhasil dan akan menemukan keindahan-keindahan lainnya dalam hidup kita.

Comments

comments