Pengganti Setelah Ayah Tiada

(Istimewa)

Kepergian Ayah menyisakan luka yang begitu dalam
Namun,ada seseorang yang begitu menyerupai sikap dan sifat ayah
Tak lain orang tersebut adalah Kakakku.

Lelaki kelahiran 1995, adalah sosok yang begitu menyerupai ayah, dari cara dia berkata,bersikap dan sifat bertanggung jawabnya,sungguh dia lelaki yang hebat yang mampu mengemban tanggung jawab setelah ayah tiada.

Ditinggal oleh seseorang yang begitu kita sayangi memang begitu sakit,berat, namun dari situlah aku menemukan sesuatu yang dinamakan ikhlas,merelakan dan hanay bisa mendoakan. Kepergian ayah membuat ibu merasa begitu lemah,tidak ada lagi hasrat dalam diri ibu untuk hidup karena orang yang begitu ibu sayang kini telah tiada,tiada untuk selamanya.

Pada awalnya tidak mudah menerima segala sesuatu yang pergi dan tidak akan mungkin kembali, namun sosok Ayah kembali muncul, dalam diri kakak ke 2. Kakak begitu bertanggung jawab terhadap keperluan ibu serta adiknya, kakak juga begitu tegas dalam mendidik adiknya untuk menjadi seseorang yang tidak putus asa,mandiri,serta bertanggung jawab dalam setiap hal yang yang dilakukan.

Memang kakak tergolong masih muda namun, jiwa sebagai seorang bapak begitu melekat pada dirinya yang berbadan tinggi nan gagah. Ketika aku lalai dalam sholat kakak dengan tegas memberikan nasehat agar aku tidak lagi lalai dalam ibadahku, dalam keadaan sedih ataupun putus asa kakak selalu memberikan motivasi yang membangkitkan bagi diriku.Tak jarang teman-temanku menganggap kakak adalah pacarku, padahal muka kakak dan aku begitu mirip.

Ketika ibu dalam keadaan membutuhkan uang untuk keperluan sehari-hari dengan cepat kakak mentransfer uang untuk keperluan ibu di rumah. Kakak adalah bapak bagiku karena setelah bapak pergi kakak yang selalu menanggung kebutuhan sekolahku, kakak adalah penyemangat dalam hidupku setelah ibu, kakak juga selalu berpesan kepadaku agar menjadi perempuan yang tangguh kelak. Kasih sayang kakak begitu tulus, sehingga membuat keluarga yang begitu kehilangan sosok ayah sekarang mengikhlaskan kepergian ayah, kakak juga yang selalu mensupport ibu agar ibu tidak sedih berkepanjangan setelah ayah tiada.

Sekarang ibu sudah memiliki suami baru tapi aku masih menganggap kalau sosok pengganti ayah hanya ada pada diri kakak, bukan orang lain. Tapi kakak juga selalu berkata padaku kalau ayah baruku adalah sosok yang baik,bertanggung jawab,bagiku kakak adalah sosok pengganti ayah untuk sekarang dan nanti. Terima kasih sudah mau menjaga adikmu ini kak. Selalu menjadi kakak yang paling sabar dalam menghadapi sifat adik-adikmu kak.(LIDIYANI/PNJ)

Comments

comments