Mahasiswa, Yuk Investasi !!

Ilustrasi. (Istimewa)

Investasi pada umumnya dilakukan oleh orang dewasa yang sudah memiliki penghasilan sendiri. Namun jangan berkecil hati, Mahasiswa juga bisa investasi. Investasi menurut Salim HS dan Budi Sutrisno ialah penanaman modal yang dilakukan oleh investor, baik asing maupun domestik dalam berbagai bidang usaha yang terbuka untuk investasi, yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan.

Mahasiswa memiliki kesempatan untuk berinvestasi, namun sayangnya, bagi mayoritas mahasiswa hidup hanya untuk hari ini. Padahal nyatanya, mahasiswa adalah bentuk transisi untuk menuju kehidupan orang-orang dewasa yang dituntut untuk mandiri mempersiapkan masa depan nya.

Lantas, apa jenis investasi yang cocok bagi Mahasiswa?

Investasi dilakukan dengan berbagai cara, salah satu nya dengan Pasar Modal. Di Pasar Modal itu sendiri memiliki berbagai instrument investasi. Diantaranya, Saham, Obligasi, dan Derivatif. Menurut Pakar Keuangan, Mahasiswa yang berpikir tentang investasi akan memiliki keuntungan yang signifikan yang apabila diinvestasikan dengan benar, maka bisa mendapat keuntungan yang besar dimasa depan.

Reksadana cocok bagi Mahasiswa yang memiliki modal relatif kecil. Karena Reksadana menerima dana investasi mulai dari Rp 100.000. Adapun tips bagi Mahasiwa yang ingin berinvestasi diantaranya, pelajari sebanyak mungkin tentang investasi, pahami setiap kegiatan yang ada ketika berinvestasi, pastikan memilih perusahaan investasi yang tepat, dan diversifikasi portofolio investasi, dimana “Jangan pernah memasukkan semua telur yang dimiliki kedalam satu keranjang”. Ini juga akan mengurangi resiko yang mungkin terjadi.

Bagi Mahasiswa yang masih enggan melakukan investasi, cobalah untuk menghilangkan pikiran-pikiran seperti “Ah, ngga punya uang! Makan aja susah” , “ngga punya waktu buat ngurusin gituan”, “Bingung deh mau investasi dimana” , “Aduuh, nanti kalo rugi gimana?” atau “Lah, investasi mah cuma buat orang kaya yang banyak duit”.

Mahasiswa, ketahuilah bahwa semakin awal anda memulai, semakin besar hal yang bisa kalian tuai di masa depan. Jangan menunda hal yang bisa dilakukan sekarang. Sejatinya manusia tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Jadi, Mahasiswa? Yuk Investasi !! [Zahra Aulia Fildzah Firdaus]

Comments

comments