Kampus Relawan Upaya Tingkatkan Kesiapan Fisik dan Ketahanan Mental Relawan

JAKARTA – Relawan Rumah Zakat Jakarta Barat menggelar kegiatan Kampus Relawan pada (15/4) dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dasar seputar kegiatan kerelawanan kepada para relawan baru di Hutan Kota Srengseng, Jakbar.

Pada kegiatan ini disampaikan beberapa materi terkait upaya untuk meningkatkan kapasitas sebagai seorang relawan terutama dalam hal persiapan fisik dan ketahanan mental. Kegiatan tersebut dibagi menjadi beberapa sesi diantaranya navigasi darat, pemeriksaan kesehatan dasar, pengetahuan dasar soal mountainering, manajemen perjalanan, dan survival.

“Manajemen perjalanan sangat penting untuk dipahami oleh seorang relawan. Sebelum melakukan perjalanan, seorang relawan harus memiliki pengetahuan barang-barang apa saja yang wajib dibawah, kondisi medan dan cuaca, timing dan paling penting kemampuan menggunakan alat-alat navigasi,” ujar Kak Agung salah satu pemateri dari alumni PALEM UHAMKA pada hari itu.

BACA JUGA:  Menuju Pasar Tertib Ukur 2019, Disdagin Sosialisasikan PTU di Pasar Depok Jaya

Sesi yang tidak kalah penting dalam kegiatan itu adalah sesi Survival. Seorang relawan tidak hanya dituntut untuk mempunyai kemauan guna membantu orang lain tetapi juga kemampuan untuk tetap bertahan dalam situasi apapun sehingga tetap bisa menjalankan misi kemanusiannya. Disini relawan dicoba untuk mempraktekan apa yang telah dipelajari pada sesi sebelumnya, seperti melakukan packing dan membangun bivak sederhana.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pemula, karena dengan manajemen perjalanan yang baik Insha Allah dapat meminimalisir resiko yang akan terjadi. Bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka kita sudah mengerti apa yang harus dilakukan. Prinsipnya saat dilapangan kita dituntut untuk bekerja dan bertahan secara tim, tidak mempentingkan diri sendiri. Ibaratnya berangkat sepuluh yang pulang sepuluh”, pesan dari Kak Wahyudi yang juga mempunyai pengalaman pendakian sejak lama.

BACA JUGA:  Kota Depok Boyong 61 Medali di Porda Jabar 2018

Menjadi relawan adalah bukan soal kemauan untuk memberikan bantuan untuk orang lain saja. Menjadi relawan termasuk juga kemampuan bekerja sama secara tim, bagaimana bertahan dalam kondisi apapun dan mempertahankan mental yang baik untuk tetap menjalankan misi kemanusiaan. Oleh karena itu penting sekali kegiatan-kegiatan yang harus dibuat sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas seorang relawan.

Kegiatan Kampus Relawan hari ini diharapkan dapat menjadi bekal yang baik bagi pada relawan baru. Pandangan kedepan mengenai kegiatan kerelawanan dan cara untuk melatih kesiapan fisik dan mental. (Izzatul Yazid / Lailatul Istikhomah)

BACA JUGA:  Ratusan Genset Untuk Penerang Pasca Gempa-Tsunami di Sulteng

Comments

comments