GES 12 Hadir Kembali dengan Workshop

Salah satu rangkaian acara dari Gebyar Ekonomi Syariah (GES) 12 adalah Workshop. Telah terlaksananya kegiatan Workshop GES 12 yang ditujukan untuk para pelaku UMKM dan Mahasiswa di Gedung Inovasi LIPI Cibinong yang bertemakan “Sukses Bisnis StartUp, Raih Keberkahan dengan Zakat”. Terdapat dua pembicara yang handal dibidang StartUp dan Zakat, yaitu Andreas Sanjaya (Ceo iGrow dan Ceo Badr Interactive) dan Setiawan Eko Nugroho (Wakil Ketua III Baznas Kota Depok).

Pembahasan tentang StarUp dibawakan oleh Andreas Sanjaya. Beliau berkata “Kita tidak dapat lepas dari teknologi. Dakwahlah lewat teknologi. iGrow bertujuan untuk menghubungkan pemilik modal dengan pemilik lahan agar bisa memaksimalkan lahan yang kurang produktif di Indonesia. iGrow menggunakan akad salam dalam transaksinya. Melihat potensi yang ada, bidang yang paling signifikan di Indonesia adalah pertanian. Jika diukur, bidang pertanian adalah bidang yang menyerap tenanga kerja paling banyak tapi paling sedikit menyumbang kesejahteraan bagi Negara ini”.

Pembahasan tentang Zakat dibawakan oleh Setiawan Eko Nugroho. Beliau berkata “Zakat adalah pilar kebangkitan ekonomi islam. Tetapi melihat keadaan sekarang, zakat kondisinya saat ini masih miris. 217 triliun potensi zakat diindonesia tapi baru dikukuhkan 6 triliun. Pengetahuan masyarakat masih sedikit tentang zakat. Zakat bukan hanya soal hubungan kita dengan tuhan, tetapi juga bagaimana kita bermualalah melalui zakat. Dengan zakat kita dapat membangkitkan umat khusunya pada bidang ekonomi”.

Respon positif dari berbagai kalangan pun bermunculan. Terutama para pelaku UMKM dan pengurus zakat disekitar daerah yang ada dibogor. Karena pada dasarnya pemateri yang ada di Workshop GES 12 ini adalah mereka-mereka yang expert dalam bidang tersebut. (imh)

Comments

comments