Yang Perlu Diketahui Seputar Pemasaran Online

Oleh : Rohimah

Pemasaran merupakan ilmu pengetahuan yang dinamis dan selalu mengalami perubahan. Perubahan dalam dunia pemasaran merupakan suatu keharusan karena dunia bisnis adalah induk dari pemasaran yang terus-menerus berubah menyesuaikan diri dengan dengan kemajuan zaman.

Era gobalisasi memberikan pengaruh yang cukup besar bagi pemasaran dan menumbuhkan tantangan-tantangan baru dalam profesi pemasaran masa kini. Pemasaran dituntut untuk dapat memahami bagaimana kejadian-kejadian yang ada di berbagai penjuru dunia mempengaruhi pasar domestik dan peluang pencarian terobosan baru dan tentu saja bagaimana perkembangan-perkembangan tersebut akan mempengaruhi pola pemasaran perusahaan.

Pada saat ini, di abad ke 21 hampir semua orang menyebutnya dengan abad informasi. Sistem informasi dunia yang ditulangpunggungi oleh telekomunikasi dan komputer yaitu internet akan banyak mempengaruhi gaya hidup, sistem politik, kehidupan sosial-budaya, dan termasuk ekonomi. Masing-masing bidang banyak dipengaruhi oleh dunia informasi dengan bantuan koneksi internet.

Begitupun dengan pemasaran yang banyak berhubungan dengan konsumen, akan dipengaruhi oleh dunia informasi juga. Bahkan dunia pemasaran tidak akan dapat hidup bila tanpa adanya informasi tersebut. terlepas dari hal itu, kita sebagai pelaku usaha harus mampu mengembangakn pemasaran melalui jaringan internet agar bisnis yang kita jalakan tidak tergerus dengan pesatnya teknologi dan informasi.

Affiliate marketing

adalah suatu sistem pemasaran dengan menggunakan internet, dimana si pembuat produk memberikan komisi kepada affiliate (makelar) jika berhasil mengajak seseorang untuk beli produknya. sebuah teknik pemasaran online dimana Anda membantu mempromosikan produk orang lain secara online dengan sebuah imbalan atau komisi. model bisnis penjualan berbasis komisi. Jadi ketika Anda berhasil menjual, Anda mendapatkan uang. Ada 3 jenis affiliate Marketing yang biasa digunakan oleh para pemain Affiliate Marketing :

  • Pay Per Sales, affiliate marketer mendapatkan komisi tertentu bila berhasil melakukan penjualan. Tidak ada penjualan tidak ada komisi.
  • Pay Per Click, affiliate marketer mendapatkan komisi tertentu apabila pengunjung mengklik link affiliasi yang Anda promosikan. Artinya setiap ada klik di link affilate Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi.
  • CPA ( Cost Per Action), yaitu program afiliasi pemasaran secara online dimana komisi akan diberikan bila ada orang yang melakukan klik iklan dan melakukan aksi seperti mengisi nama dan email atau melakukan download dan lain-lain.

E-commerce

E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis.

Jenis-jenis E-commerce

Ada tujuh jenis dasar e-commerce atau bentuk bisnis e-commerce dengan karakteristik berbeda:

Business-to-Business (B2B)
B2B e-commerce meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa yang dilakukan antar perusahaan. Produsen dan pedagang tradisional biasanya menggunakan jenis e-commerce ini.

Business-to-Consumer (B2C)
B2C adalah jenis e-commerce antara perusahaan dan konsumen akhir. Hal ini sesuai dengan bagian ritel dari e-commerce yang biasa dioperasikan oleh perdagangan ritel tradisional.Jenis ini bisa lebih mudah dan dinamis, namun juga lebih menyebar secara tak merata atau bahkan bisa terhenti.

Consumer-to-Consumer (C2C)
C2C merupakan jenis e-commerce yang meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa antar konsumen. Umumnya transaksi ini dilakukan melalui pihak ketiga yang menyediakan platform online untuk melakukan transaksi tersebut.

Consumer-to-Business (C2B)
C2B adalah jenis e-commerce dengan pembalikan utuh dari transaksi pertukaran atau jual beli barang secara tradisional. Jenis e-commerce ini sangat umum dalam proyek dengan dasar multi sumber daya.

Business-to-Administration (B2A)
B2A adalah jenis e-commerce yang mencakup semua transaksi yang dilakukan secara online antara perusahaan dan administrasi publik.

Consumer-to-Administration (C2A)
Jenis C2A meliputi semua transaksi elektronik yang dilakukan antara individu dan administrasi public :

Online-to-Offline (O2O)
O2O adalah jenis e-commerce yang menarik pelanggan dari saluran online untuk toko fisik. O2O mengidentifiaksikan pelanggan di bidang online seperti email dan iklan internet, kemudian menggunakan berbagai alat dan pendekatan untuk menarik pelanggan agar meninggalkan lingkup online.

Article Marketing
Artikel marketing adalah jenis iklan di mana perusahaan menulis dan mendistribusikan artikel singkat ke berbagai outlet seperti media social, web, forum, dan penerbit buletin. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan sejumlah besar khalayak online dan meningkatkan jumlah peluang penjualan untuk produk atau layanan di situs web.

Panduan Menulis Artikel Marketing

Informasi
Alasan utama pengunjung membaca artikel adalah semata-mata mencari informasi. Pastikan artikel Anda berisi informasi yang jelas dan sebenarnya tentang produk anda. Pastikan pula, anda secara kontinyu menerbitkan artikel marketing agar pengunjung secara kontinyu mengunjungi website atau blog anda.

Tuliskan manfaat yang akan didapatkan pembaca pada judul artikel marketing
Hal itu akan menjadi alasan utama pembaca untuk lebih lanjut membaca isi artikel marketing anda. Patut diingat bahwa pada dasarnya orang ingin hal yang menguntungkan mereka. Bila pembaca sudah tertarik membaca lebih lanjut, manfaatkan untuk tertarik pula pada produk anda.

Artikel marketing yang singkat dan simple
Menulis artikel marketing di website/blog berbeda dengan menulis artikel marketing di majalah. di Website/blog, Buat tulisan anda singkat dalam paragraf yang pendek tetapi mampu tepat sasaran pada produk. Tulis artikel marketing tentang produk anda secara detail namun tidak kepanjangan.

Ikutlah forum-forum diskusi tentang internet marketing
Tulis lah artikel secara teratur seperti dua atau tiga hari sekali pada forum itu. Dengan begitu anda akan lebih dikenal pembaca. Jangan lupa, berikan link ke website anda.

Tuliskan artikel marketing anda dalam bentuk poin-poin.
Hal ini terbukti lebih efektif menarik perhatian pembaca daripada hanya tulisan paragraf. Tulisan dalam bentuk poin-poin dinilai lebih baik dan terorganisir. Pola pikir pembaca dapat diarahkan pada bentuk tulisan artikel marketing seperti ini.

Buat variasi dalam tulisan artikel marketing
Anda dapat menulis beberapa artikel marketing dengan satu topik yang sama namun dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

Mintalah rekan anda untuk membaca artikel marketing untuk menilai tulisan anda
Anda pun bisa meminta pendapat pada rekan-rekan dalam internet marketing tentang artikel marketing yang anda buat. Minta pendapat yang jujur tentang isi tulisan dan bagaimana anda dapat memperbaikinya.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa media online yang bertambah banyak dengan perkembangan yang pesat yang dapat kita optimalkan manfaatannya dengan menerapkan strategi-strategi yang sesuai dengan produk. Untuk pengembanagn bisnis yang sedang ataupun yang akan dijalankan.

Comments

comments