Pasar Sukatani dan Pasar Cisalak Raih Predikat Tertib Ukur

Suasana pasar Sukatani. (Foto: Cintiya)

DEPOK – Pasar Sukatani dan Pasar Cisalak akan dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sebagai pasar tertib ukur di tahun 2018. Pencanangan tersebut dilakukan berdasarkan penandatangan komitmen bersama antara Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) dengan Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan RI di Bandung.

“Jadi, nanti ada tim penilai dari Direktorat Metrologi Pusat akan melakukan penilaian dengan langsung melakukan kunjungan ke pasar tersebut guna menentukan apakah kedua pasar tersebut telah memenuhi kriteria sebagai pasar tertib ukur atau belum,” tutur Kepala Bidang Perdagangan Disdagin Kota Depok, Anim Mulyana seperti dilansir situs resmi Pemkot Depok, depok.go.id.

BACA JUGA:  Rumah Zakat Kirim 30 Ton Paket Superqurban dan 15 Truk Bantuan Logistik untuk Palu - Donggala

Dikatakannya, sebelum pencanangan, pihaknya bersama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Kota Depok telah melakukan sidang tera di kedua pasar tersebut. Menurutnya, semua alat Ukur Timbang Takar dan Perlengkapannya (UTTP) telah dilakukan tera ulang dan memenuhi standar metrologi.

“Di kedua pasar tersebut juga telah disediakan pos ukur yang dapat digunakan oleh pembeli untuk menimbang ulang barang belanjaannya. Jika takarannya tidak sesuai, pembeli dapat langsung komplain kepada pembelinya,” terangnya.

Dirinya menambahkan, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi kepada para pedagang di kedua pasar tersebut. Menurutnya, sosialisasi tersebut dimaksudkan agar para pedagang di pasar tersebut memahami penggunaan UTTP yang benar dan sesuai standar.

BACA JUGA:  Nasib Guru Honorer Ditengah Minusnya Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

“Kami sudah memberikan edukasi kepada para pedagang yang ada di pasar Sukatani dan Pasar Cisalak tentang pentingnya penggunaan UTTP yang tepat, serta pentingnya melakukan tera ulang. Dengan harapan seluruh UTTP yang digunakan sesuai dengan standar metrologi,” tandasnya. []

Comments

comments