Festival Kuliner Nusantara di GES 12

DEPOK – Indonesia merupakan surganya makanan tradisional, karena di setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing. Kekayaan jenis makanan ini merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi nusantara yang terdiri dari berbagai suku.

Melihat hal itu, Jum’at (16/03) menjadi ajang pertama kalinya Festival Kuliner Nusantara (FKN) digelar dan masuk ke dalam rangkaian acara Gebyar Ekonomi Syariah ke 12 (GES 12). Acara yang diikuti oleh seluruh mahasiswa STEI SEBI itu menjajahkan berbagai makanan khas daerah dari setiap kota. Wakil Ketua Pelaksana, Onky F. Matulessy mengatakan bahwa Kampus merupakan mini Indonesia, karena perwakilan setiap daerah ada di kampus ini. Semakin kita mengenal setiap forum daerah (Forda) dan kebudayaan, maka dapat mempererat persaudaraan antara mahasiswa.

“Indonesia terkenal dengan Negara yang memiliki suku terbanyak di dunia ini yaitu sekitar 1.340 suku. Maka sudah pasti dari satu sukunya memiliki makanan khas. Maka dari itu ada acara yang diciptakan panitia GES 12 yang salah satu tujuannya adalah melestarikan makanan dan budaya Nusantara. Doa yang paling mustajab hari ini adalah do’a makan,” kata Yoyo Sundoyo selaku pihak kemahasiswaan STEI SEBI dalam sambutannya.

Acara yang dilaksanakan pada sore hari itu tidak hanya menampilkan makanan semata, namun juga mempresentasikan bagaimana bahan dan cara pembuatannya. Hal yang unik dari FKN GES 12 kali ini adalah para peserta perwakilan Forda harus memakai pakaian adat daerahnya masing-masing selama mempresentasikan kulinernya. “Bagus ada acara kaya gini, selain kita bisa kenal kuliner khas masing-masing daerah. Kita juga bisa belajar masak makanan khas daerah asal, jadi bukan hanya bisa makannya saja.” ujar taufiq salah satu peserta. (kid)

Comments

comments