Urai Masalah Hipertensi, Mahasiswa UI Bersama Warga Curug Lakukan Ragam Kegiatan

DEPOK – Sejumlah mahasiswa dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia melakukan rangkaian kegiatan praktik melalui pencegahan dan penanganan hipertensi bertempat di wilayah RW 02, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis yang dimulai sejak 29 Januari 2018 lalu hingga 3 Maret 2018 mendatang.

Humas Publikasi dan Dokumentasi kegiatan, Sari Rahmawati, kepada DepokPos mengatakan bahwa ada minggu pertama, mahasiswa bersama warga berdiskusi tentang permasalahan kesehatan yang banyak terjadi di RW 02 dan melakukan skrining tekanan darah dan didapatkan bahwa masalah yang akan ditangani di RW 02 adalah hipertensi.

“Sementara pada minggu berikutnya, mahasiswa melakukan pengkajian mendalam dengan angket dan melakukan pertemuan warga untuk mendiskusikan kegiatan apa yang akan diselenggarakan untuk mengurai masalah hipertensi sekaligus memilih penanggung jawab setiap kegiatan dari mahasiswa dan warga,” jelas Sari.

BACA JUGA:  IITCF Imbau Masyarakat Hati-hati Alokasikan Dana ke Travel

Minggu selanjutnya atau minggu ke-3, implementasi ke warga dimulai dari Talkshow Hipertensi dan Demonstrasi Teknik Tarik Napas Dalam untuk Menurunkan Tekanan Darah (16 Februari), Senam Hipertensi (18 Februari), Kegiatan Posyandu (20 Februari), Kegiatan Posbindu dan Demonstrasi Kompres Hangat Tengkuk untuk mengurangi nyeri tengkuk akibat hipertensi serta cek kolesterol (23 Februari), dan Jalan Sehat (25 Februari).

Sari juga menambahkan bawah dari kegiatan talkshow, warga diharapkan bisa mengenal masalah hipertensi dan memahami perawatan dan pengobatan di rumah, mampu mendemonstasikan ulang tarik napas dalam.

BACA JUGA:  Zizara Gagas Ajang Cari Bakat "Face Of Muslimah"

“Sementara dari kegiatan Jalan Sehat, warga menjadi lebih tahu aktivitas fisik dan cara olahraga yang tepat untuk mencegah hipertensi, memotivasi untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit tidak menular salah satunya hipertensi melalui jalan sehat,” tambahnya.

Warga sangat antusias mengikuti acara, dinilai dari kehadiran warga yang mencapai 150 orang. Warga hadir tepat waktu. Sebelum hari H Jalan Sehat banyak warga yang bertanya dan tidak sabar menunggu acara jalan sehat yang akan diselenggarakan.

Sementara Lurah Curug, Purwadi, mengatakan bahwa dengan adanya mahasiswa yang datang langsung ke masyarakat sangat membantu mengontrol kesehatan masyarakat dan memotivasi agar lebih rajin memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan seperti puskesmas. Dengan adanya praktik dari mahasiswa Profesi Ners Keperawatan UI ini masyarakat menjadi lebih sadar akan kesehatan, dari yang sebelumnya jarang ke puskesmas menjadi lebih rajin.

BACA JUGA:  Ramadhan Berbagi, Jurnalis Muslim Santuni Yatim, Dhuafa, dan Janda

“Di usia yang semakin lanjut kita harus lebih memerhatikan kesehatan. Salah satu permasalahan kesehatan yang banyak terjadi di RW 02 adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dengan adanya jalan sehat dengan jargon “Gerak 1000 langkah, stabilkan tekanan darah” semoga menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan sehingga tekanan darah yang tadinya tinggi dapat terkontrol,” jelasnya. (SR)

Comments

comments