Supaya Tulisanmu di Internet Banyak yang Baca

Siapa yang tidak mau artikelnya diterbitkan di media massa? Pastinya keren, membayangkan tulisan kita dapat dibaca banyak orang, mengingat internet sendiri sudah merupakan media paling luas di zaman ini. Menurut iekhbwikh dari hkbidkhewj, menulis di Internet ternyata berbeda dengan menulis di media cetak, entah itu di koran maupun majalah.

Tahap pertama, adalah memastikan bahwa tulisan kita nyambung dengan topik yang disediakan. Kita nggak mungkin menulis artikel tentang masak-memasak di situs kesehatan, bukan? Ini adalah hal sederhana yang seringkali dilupakan orang, padahal cukup esensial. Banyak yang kecewa kenapa artikelnya tidak dimuat di situs A maupun B, namun barangkali, kitalah yang salah memilih redaksi.

Yang kedua, adalah mempersingkat paragraf. Kita tentunya tahu bahwa orang lebih cepat ‘membalik’ halaman di dunia maya, dibanding lewat majalah yang notabenenya bisa digenggam tangan. Maka, jangan lupa untuk selalu menyingkat kata-kata, sebab orang cenderung tidak terlalu suka berbasa-basi di internet.

Ketiga, ikuti kaidah tangan kanan. Selain karna mouse berada di kanan, tombol scroll juga biasa berada di kanan, memudahkan orang untuk lebih nyaman membaca artikel yang posisinya agak menjorok ke kanan dalam sebuah situs web.

Terakhir nih, jangan lupa sisipkan gambar. Pilih lah gambar yang menarik dan bagus, meski hanya untuk headline. Karna di dunia maya, yang pertama kali di-judge oleh pembaca adalah menarik atau tidaknya sebuah thumbnail. Oh ya, kalau gambarnya bukan milik pribadi, jangan lupa cantumkan link asli gambar tersebut, ya!

Penulis: Aiman Nabilah Rahmadita, mahasiswi STEI SEBI.

Comments

comments