Pramuka Kembali Distribusikan Bantuan Kepada Pengungsi Palestina dan Suriah

YORDANIA – Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka, Eko Sulistio kembali mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Palestina dan Suriah. Bantuan diberikan dari tanggal 7 sampai 19 Februari 2018.

“Bantuan yang didistribusikan ini berasal dari Darrut Tauhid Peduli, yang diwakili oleh Hendra Irawan, Direktur Marketing Komunikasi Darrut Tauhid. Saya mendampingi beliau. Dalam proses pendistribusian dibantu pihak KBRI Amman Yordania dan HPMI (Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Yordania),” ujar Eko Sulistio saat dihubungi melalui alat telekomunikasi, Jumat (16/2/2018).

Sampai berita ini ditulis, kata Eko, pendistribusian sudah dilakukan empat kali. Pertama, di kamp-kamp pengungsian Suriah di Provinsi Mafraq Yordania, di daerah kamp pengungsian masrouf dan kamp pengungsian huwaizah.

Kedua, di kamp pengungsian Palestina di Provinsi Zarqo, dan kamp-kamp pengungsian Suriah. Ketiga, di kamp-kamp pengungsian Palestina di Provinsi Jerash, dan kamp-kamp pengungsian Gaza. Keempat, kamp-kamp pengungsian Palestina di sekolah penampungan UNRWA, Kota Amman.

“Bantuannya berupa 1 unit ambulance mobile clinic untuk para pengungsi Palestina, paket bantuan musim dingin berupa selimut dan lain-lain untuk 100 keluarga Palestina, paket school kids untuk anak-anak Palestina sebanyak 100 paket, dan bantuan obat-obatan untuk klinik-klinik kesehatan Palestina, ” ucapnya.

Eko menambahkan, bantuan lainnya berupa paket bantuan makanan untuk 550 keluarga pengungsi Palestina dan Suriah sejumlah kurang lebih 1 ton. Yaitu beras, gula garam, minyak goreng, keju, susu, teh, mie instan, roti, coklat, biskuit, tepung gandum, kacang-kacangan

“Nilai total bantuan dalam rupiah lebih dari 1 miliar rupiah,” ungkap pria yang telah mengibarkan bendera merah putih dan Gerakan Pramuka di gunung kilimanjaro ini.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault mengapresiasi keberhasilan Eko Sulistio yang sudah berjuang memberikan waktu, pikiran, dan tenaganya untuk membantu para pengungsi Palestina dan Suriah. Aksi-aksi kemanusiaan semacam ini, kata Adhyaksa, selalu dilakukan oleh para anggota Gerakan Pramuka baik di dalam maupun luar negeri.

“Di Gerakan Pramuka, Kak Eko Sulistio dikenal selalu turun untuk aksi-aksi kemanusiaan. Ia juga tidak pernah bosan mengajak adik-adik Pramuka untuk memupuk semangat kerelawanan. Doa saya dan keluarga besar Gerakan Pramuka untuk Kak Eko, semoga sehat selalu dan diberikan kelancaran,” harap Menpora periode 2004-2009 ini.

Comments

comments