Penambahan Dapil, Perlukah ?

Depok, 12 February 2018 –┬áKomisi Pemilihan Umum Kota Depok mengumumkan usulan penataan Dapil Pemilu Tahun 2019 di Kota Depok, yaitu masih sesuai dengan Dapil pada Pemilu Tahun 2014. Hal tersebut dikarenakan Dapil pada Pemilu Tahun 2014 masih memenuhi 7 (tujuh) prinsip penataan Dapil sebagaimana diatur dalam pasal 185 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, yaitu kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu
yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada dalam satu wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan.

Adapun hasil penghitungan alokasi kursi tiap Dapil sesuai Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor : 13/PL.01.3-Kpt/03/KPU/I/2018 Tentang Jumlah Penduduk Kabupaten/Kota dan Jumlah Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum Tahun 2019.

BACA JUGA:  26 Finalis Abang Mpok Depok 2018 Diharapkan Mampu Kembangkan Sektor Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Depok

Menanggapi pemberitaan oleh KPUD Depok tersebut, masyarakat menilai belum ada perbaikan pemuktahiran data oleh panitia pemilihan.

Banyaknya partai baru yang akan ikut dalam kontestasi pemilihan seharusnya menjadi alas an kuat pemuktahiran data pemilih dan daerah pemilihan ( dapil) oleh KPUD Depok Penyusunan Dapil partisipatif menurut KPU dapat dilakukan selama 2-3 bulan sebelum tahap penetapan calon anggota legislative. KPU bakal melibatkan partisipasi dari pihak lain yang terkait dan ada proses dialog antara KPU dengan masyarakat, partai politik, serta pemangku kepentingan Penataan dapil baru menjadi salah satu isu krusial dalam pembahasan RUU Pemilu. Pemerintah dan DPR disebut telah sepakat melakukan restrukturisasi dapil. Hal tersebut akan berdampak pada penambahan jumlah anggota dewan hasil Pemilu mendatang.

BACA JUGA:  Lima Alasan Sekolah Asrama Bikin Tenang Orang Tua

Ada Lima belas parpol di Jawa Barat dinyatakan memenuhi syarat minimal kepengurusan dan keanggotan di 75 persen kabupaten/kota di jawa barat. Kelima belas parpol tersebut adalah Partai Persatuan Indonesia, Partai Solidaritas Indonesia,Partai Nasdem, PKS, PKB, Partai Gerindra, PPP, PDIP, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Bulan Bintang, Partai Hanura, PAN,Partai Berkarya, dan Partai Garuda.

Saat ini ada total 50 kursi tetap pada DPRD Kota Depok dengan 6 Daerah Pemilihan di 11
Kecamatan. Maka, dengan bertambahnya peserta pemilu tahun 2019 yang akan datang, KPUD Kota Depok perlu menambah Dapil guna mengakomodir tujuh prinsip sebagaimana diatur dalam pasal 185 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

BACA JUGA:  Artis Shandy Aulia Buka Bisnis Kuliner 'Geprek SAy' di Margonda Depok

Oleh : GPII Kota Depok

Comments

comments