Khasiat Ketimun Untuk Kesehatan Tubuh

Ketimun / mentimun ini merupakan jenis sayuran yang masuk ke dalam keluarga tanaman seperti labu dan semangka (keluarga Cucurbitaceae). Kandungan air pada sayuran mentimun sebagian besar terdiri dari (95 persen) air, yang berarti mengkonsumsi ketimun pada hari musim panas, dapat membantu tubuh tetap terhidrasi.

Di Indonesia ketimun ini merupakan salah satu makanan favorit sebagai lalapan, ternyata banyak mengkonsumsi ketimun dapat memberikan khasiat yang baik bagi tubuh. Ketimun terdiri dari 95% air dan secara alami rendah kalori, lemak, kolesterol dan sodium. Menurut USDA National Database Gizi, 1 cangkir irisan mentimun dengan kulitnya (sekitar 119 gram) mengandung :

115 gram air
16 kalori
0,8 gram protein
0,2 gram lemak
2,9 gram karbohidrat (termasuk 0,9 gram serat dan 1,8 gram gula)

Selain itu terdapat zat seperti 11% dari vitamin K, 4% vitamin C, magnesium, kalium dan mangan dan 2% dari vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga. Inilah beberapa manfaat ketimun yang baik untuk tubuh kita.

Manfaat Ketimun Bagi Kesehatan :

1. Melindungi Otak

Di dalam ketimun terdapat sejumlah zat yang bernama flavanol (fisetin), yang memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Pada penelitian yang dilakukan oleh tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.

2. Asupan Antioksidan

Ketimun memang kaya dengan beragam jenis antioksidan juga terdiri dari : Flavonoid, Quercetin, Apigenin, Luteolin, Kaempferol. Termasuk vitamin C dan beta karoten
Antioksidan dapat membantu melawan pertumbuhan gejala kanker dan menurunkan resiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.

3. Mengeluarkan Racun

Racun bisa masuk dalam tubuh, baik karena makanan, polusi udara dan bahan kimia yang membahayakan kesehatan tubuh. Timun mengandung air dan nutrisi penting yang membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

4. Mengatasi Kanker

Jika terdapat rasa pahit saat memakan ketimun itu yakni terdapat senyawa Bi dan Bt yang ternyata bisa berperan sebagai obat. Selain kedua kandungan tersebut, kita juga bisa menemukan kandungan Cucurbitacin di dalam mentimun yang ternyata setelah diteliti, mampu mengatasi berbagai penyakit berbahaya layaknya kanker maupun diabetes.

5. Menjaga asupan air bagi tubuh

Ketimun mengandung 96% kadar air yang lebih baik dibanding air biasa. Memekan ketimun, dapat menghindarkan diri dari dehidrasi dan tentunya membantu menetralkan toksin dalam tubuh.

6. Menyehatkan Jantung

Kandungan dalam jus mentimun berupa kalium seperti pada manfaat pisang, juga magnesium dan serat yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi atau pun rendah. Keseimbangan kalium di dalam maupun di luar sel-sel sangat penting bagi tubuh, untuk mengontrol keadaan tekanan darah dalam tubuh.

Sebagai elektrolit, kalium adalah ion yang memiliki muatan positif yang harus dipertahankan dalam konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih tinggi dalam daripada di luar sel) dalam rangka melaksanakan fungsinya. Hal ini meliputi interaksi zat terhadap sodium, untuk membantu transmisi impuls kontrol saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.

7. Untuk menghilangkan bau mulut

Mengunyah mentimun dapat merangsang kelenjar air liur untuk memproduksi lebih banyak dan dapat mengurangi zat asam pada rongga mulut serta bekteri yang tumbuh di dalamnya.

Oleh : Dennis Syamsudin Utomo

Comments

comments