Ciliwung Siaga Satu, Kendaraan Dilarang Melintas Jembatan Panus

Situasi di jembatan panus, Senin sore (15/2/2018). (Foto: San)

DEPOK – Luapan air kiriman dari Bogor di Sungai Ciliwung ternyata mendapatkan perhatian warga Kota Depok yang melintas di atas Jembatan Panus. Mereka banyak yang berhenti dan menyaksikan kedatangan air yang sangat deras.

Hal tersebut dinilai mebahayakan keselamatan warga sendiri mengingat derasnya arus air dan usia jembatan yang sudah sangat tua dan menjadi bagian dari situs sejarah Kota Depok ini. Maka sebagai bentuk antisipas dari kemungkinan buruk yang mungkin terjadi, atas koordinasi berbagai pihak akhirnya diputuskan Jembatan Panus Depok ditutup sementara sampai arus sungai kembali normal.

BACA JUGA:  Layanan Gawat Darurat 119, Respon Cepat Dinkes Depok Atasi Gangguan Kesehatan Masyarakat

Demikian ditegaskan salah seorang tim Sigap Tanggap Bencana (Tagana) Kota Depok, Hendra, yang mengatakan bahwa jika dilalui kendaraan maka beban Jembatan Panus menjadi lebih berat ditambah dengan dorongan arus sungai yang sangat kuat.

“Karena bukan hanya air yang deras saja, tapi juga sampah-sampah serta pepohonan yang terbawa arus ikut mendorong tiang-tiang jembatan,” jelas Hendra saat ditemui di lokasi, Senin sore (5/2/2018).

Tim Tagana Kota Depok bersiaga di Jembatan Panus. (Foto: San)

Tim Tagana sendiri, menurut Hendra, bersama tim dari Pemadam Kebakaran (Damkar) sejak pagi sudah meninjau beberapa titik lokasi sepanjang sungai Ciliwung.

BACA JUGA:  Mimpi Petani Korban Umroh Bodong, Akhirnya ke Tanah Suci

“Kita melakukan pemantauan baik di jembatan panus ini sendiri, Jembatan Juanda juga di Pondok Cina dan hingga saat ini masih melakukan pemantauan,” tambah Hendra.

Kondisi ketinggian air di pusat pemantauan ketinggian air Jembatan Panus Depok sendiri pada pukul 13:00 wib ketinggian air mendekati 400cm atau siaga satu.

“Pukul 11:00 ketinggian air di Jembatan Panus Depok masih sekitar 250cm hingga 280cm tapi pada pukul 13:00 tadi mencapai 400cm,” kata Syarif dan Ardi, petugas pemantau air di Jembatan Panus Depok.

BACA JUGA:  Kemeriahan Wisuda ke-13 Bersamaan Milad ke-20 STEI SEBI

Pantuan terakhir DepokPos di lokasi, pada pukul 17.00, ketnggian air mulai menurun diangka 280cm. (San)

Comments

comments