Universitas Islam dan Formal,Apa Bedanya?

Ilustrasi. (Istimewa)

Perbedaan yang dirasakan saat memasuki dunia perkuliahan dengan kehidupan saat masih di bangku SMA(Sekolah Menengah Atas) tentu sangat berbeda. Mulai dari teman baru , lingkungan baru,dan sistem belajar yang baru. Tetapi apakah anda tahu? Berbeda Universitas, berbeda juga sitem belajarnya. Di Indonesia sendiri terdapat Universitas umum yang berbasis formal dan ada juga Universitas umum yang berbasis Islam. Apakah anda sudah tahu apa bedanya Universitas formal dengan Universitas Islam? Apa saja yang membedakan antara kedua institusi pendidikan tersebut? Jika anda belum tahu,simaklah artikel berikut ini.

“Di Universitas Islam tuh biasanya dominan pasti ada pengajaran bahasa arabnya,nuansa islam nya juga kuat, seperti misalnya mahasiswanya sebelum memulai kuliah disuruh mengucapkan salam.Artinya nilai-nilai islami nya lebih banyak dibandingkan di Universitas umum,dan itu bagus untuk keseharian mahasiwanya,” ujar Wiwi Prastiwi,salah satu Dosen dari Politeknik Negeri Jakarta.

Sistem Belajar

Sistem belajar di Universitas Islam pada umumnya sama halnya seperti Universitas Formal. Tapi yang membedekannya, di Universitas Islam terdapat mata kuliah tambahan sebagai pelajaran agama islam seperti belajar mengenai aqidah,fiqih dan bahasa arab.

Dosen

Di Universitas Islam biasanya para dosennya,ikut berperan aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dengan memberikan sumbangan seikhlasnya bagi kegiatan-kegiatan kerohanian di kampus tersebut. Dosen dosen yang mengajar di Univeristas Islam juga tidak sembarangan dalam memilih dosen untuk mengajar. Kebanyakan dari Universitas Islam memiliki dosen dari lulusan luar negeri, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas universitas tersebut.

“Sistem belajar di kampus saya dosen dosennya lebih mengutamakan persentasi buat mahasiswanya. Terutama kalo materinya itu berhubungan sama ekonomi, pasti mahasiswanya disuruh studi kasus. Kalo menurut saya sih lumayan bagus buat ngelatih mahasiswanya public speaking,” kata Julia Swastika (19) Mahasiswa UHAMKA (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka).

Jam Belajar

Untuk perbedaan jam belajar antara Universitas Islam dan Formal tidak begitu berbeda jauh. Kegitan belajar dimulai dari pukul 8 pagi dan bisa selesai pada siang atau sore setiap harinya. Tetapi di Universitas formal ada hal yang cukup disayangkan menurut para mahasiswanya, yaitu jeda pergantian mata kuliah dalam sehari yang cukup panjang. Sedangkan di Universitas Islam seperti UHAMKA (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka) tidak diberlakukan hal tersebut.

“Kalo di kampus saya sendiri sih, hal yang sangat disayangkan soal jeda waktu kuliah dalam sehari yang cukup panjang jadi agak gabut gitu, karena jedanya bisa sampai 3 jam lebih,” tutur Ananda Putri(19) salah satu mahasiswa di Universitas Indonesia.

Penulis: Ziadatuz Zamzam Ulya, mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta dari jurusan jurnalistik.

Comments

comments