Tumbuh Kembang Anak Dapat Dipengaruhi Oleh Lingkungan

Anggota DPRD Kota Depok, Siti Nurjanah.

Faktor lingkungan yang bersahabat dapat mempengaruhi perilaku tumbuh kembang anak. Jika lingkungan tidak ramah anak maka dapat menciptakan anak menjadi pelaku kriminalitas.

“Anak sebagai pelaku kejahatan mayoritas dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang tak bersahabat atau perlakuan teman sekelilingnya,” kata Anggota DPRD Kota Depok, Siti Nurjanah, usai melakukan kegiatan Santunan 1.000 Yatim Piatu, belum lama ini.

Menurutnya, dengan membangun berbagai fasilitas ramah anak seperti taman bermain serta sarana prasarana lainnya, dapat menjadi cara menciptakan lingkungan yang bersahabat bagi anak. Apalagi Kota Depok pada 2017 kembali meraih penghargaan Kota Layak Anak dengan penghargaan kategori nindya. Maka, Pemerintah Kota perlu terus meningkatkan pembangunan dan lingkungan yang ramah bagi anak.

“Masalah kota yang layak bagi anak bukan terletak pada tidak adanya tindak kriminalitas pada anak. Tetapi adanya sarana dan prasarana yang selanjutnya menjadi komitmen menuju Kota Layak Anak (KLA),” jelasnya.

Dirinya menambahkan, cara lain untuk menciptakan lingkungan yang bersahabat bagi anak adalah melakukan gerakan mengaji selama satu jam setiap malam. Langkah tersebut dapat menciptakan perilaku yang lebih religius bagi anak.

“Selain itu, keluarga yang harmonis juga mampu melahirkan anak yang baik, sehingga menjadi harapan keluarganya,” tutupnya. (Layla Sabrina)

Comments

comments