Rakor Pengurus IKA UNJ; Wujudkan Misi Menjadi Eksekusi

Mengawali tahun 2018, IKA UNJ (Ikatan Alumni Universitas Negeri Jakarta) hari ini menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengurus dalam rangka mewujudkan misi program kerja yang telah dicanangkan menjadi aksi nyata sepanjang tahun 2018 ini. Rakor yang dipimpin langsung oleh Dr. Juri Ardiantoro (Ketua Umum) dan Dr. Suherman Saji (Sekjen) beserta 22 pengurus harian ini sekaligus menjadi momentum IKA UNJ untuk menyamakan persepsi dan langkah untuk merealisasikan program kerja yang sudah dicanangkan. Untuk itu, keterlibatan semua pengurus dan civitas akademika UNJ menjadi point penting yang harus terus didengungkan.

“IKA UNJ sebagai bagian dari civitas UNJ akan terus berkoordinasi dalam mewujudkan misi menjadi eksekusi. Rakor ini telah merumuskan program IKA UNJ yang harus dilaksanakan. Untuk itu, saya menghimbau kepada semua alumni UNJ untuk bekerjasama dan berkontribusi nyata di tahun ini” ujar Dr. Juri Ardiantoro di sela acara Rakor (19/1/2018).

Dengan orientasi program kerja yang tidak usah banyak asal bisa dilakukan, IKA UNJ telah menggagas berbagai kegiatan untuk meningkatkan citra almamater kampus UNJ, di samping untuk menyatukan “kekuatan alumni” UNj agar dapat berkontribusi lebih nyata lagi. Beberapa kegiatan yang telah dicanangkan IKA UNJ untuk tahun 2018 ini, antara lain:

  • Penyelenggaraan pelatihan riset dan penulisan ilmiah pada bulan Maret 2018 untukk alumni dan mahasiswa UNJ.
  • Turnamen Golf IKA UNJ yang akan dilaksanakan pada Maret atau April 2018 sebagai sarana penggalangan dana organisasi.
  • Launching website resmi IKA UNJ: ika-unj.ac.id pada bulan Maret 2018 yang diikuti dengan Sarasehan Pendidikan dan Keguruan di era milenial.
  • Penerbitan Jurnal Ilmiah IKA UJ “ CENDIKIA” yang direncanakan pada bulan Mei 2018 bertepatan dengan Dies Natalis UNJ. Untuk itu, IKA UNJ mengundang para alumni khususnya para guru, mahasiswa, dan dosen untuk mengirimkan artikel ilmiah dan hasil riset agar dapat diterbitkan di Jurnal Ilmiah CENDIKIA. Silakan kirimkan ke [email protected] hingga akhir Mater 2018.
  • Kegiatan sosial dan pengabdian masyarakat sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat seperti bantuan pembinaan PAUD, dan sebagainya.
  • IKA UNJ Bisnis Center sebagai pusat studi dan kegiatan bisnis yang menampung alumni UNJ. Kontribusi pemikiran dan aksi nyata sangat diperlukan dari alumni UNJ untuk merealisasikan ide ini.
  • Festival Rawamangun yang akan digelar pada Juli 2018, dengan kegiatan utama: 1) Education Run 5K di Jalan Pemuda, 2) Indonesia Memanah, 3) Lomba Olahraga Tradisional, 4) fashion Show dan Bazar IKA UNJ. Seluruh alumni UNJ diharapkan dapat ikut terlibat baik sebagai peserta maupun pengisi acara yang akan dipusatkan di Kampus UNJ Rawamangun. Festival Rawamangun diharapkan dapat menjadi ajang konsolidasi nasional para alumni UNj dari seluruh angkatan, seluruh program studi.
    Secara internal, IKA UNJ pun akan menata Sekretariat IKA UNJ di Gd. M Kampus UNJ dengan kelengkapan 1) merekrut staf Sekretariat IKA UNJ dan 2) bekerjasama dengan UNJ untuk menggalang keanggotaan IKA UNJ sebagai prasyarat wisudawan UNJ. Sekretariat IKA UNJ ini akan menjadi pusa informasi dan kegiatan IKA UNJ.
    Menciptakan tertib administrasi dan tata laksana organisasi yang professional, transparan, dan bertanggung jawab sebagai bagian untuk membangun “kekuatan baru” di kalangan alumni UNJ.

Melalui Rakor Pengurus tahun 2018 ini, IKA UNJ menghimbau kepada seluruh alumni UNJ atau IKI Jakarta untuk “kembali ke kampus” dengan memberikan masukan dan kontribusi nyata sebagai bagian dari “Alumni Mengabdi”.

Sungguh, tidak ada kampus yang berkualitas bila tidak didukung oleh kekuatan alumni yang mumpuni. Karena itu, inilah saatnya seluruh alumni UNJ untuk bersatu dan bersinergi secara nyata. Apalagi di zaman now, peran serta alumni sangat diperlukan suatu kampus untuk meningkatkan reputasi dan citra yang tidak hanya sebvatas ilmiah tetapi sosial.

UNJ sebagai satu-satunya kampus negeri yang berada di kota Jakarta, sudah saatnya membuktikan diri sebagai kampus yang dibanggakan bukan hanya oleh civitas akademika-nya semata tapi juga oleh masyarakat dan bangsa Indonesia. Maka jalannya sederhana “bersinergilah dan lakukan yang terbaik atas apa yang bisa dilakukan”. Maka di situ, akan tercipta “Alumni Mengabdi”.

Comments

comments