Perubahan Signifikan Dunia Pendidikan Akibat Proses Digital

DEPOK – Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa perubahan yang teramat besar di bidang kehidupan. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi khususnya dalam pengembangan pendidikan nasional saat ini menjadi sesuatu yang wajib. Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka ke arah pendidikan yang lebih terbuka.

Teknologi pendidikan semakin berperan penting sekarang ini. Hal ini akan berfungsi untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai. Serta menciptakan sebuah sistem pembelajaran yang efektif dan efisien.

Pesatnya penggunaan teknologi di dalam dunia pendidikan ini akan terlihat pada perubahan model pembelajaran yakni makin tumbuhnya pendidikan jarak jauh di mana dosen dan mahasiswa tidak perlu berada di tempat yang sama, dan semakin banyaknya pilihan sumber belajar yang tersedia seperti buku elektronik, mudahnya mengakses aplikasi digital seperti e-library, e-forum, e-journal dan sebagainya.

“Peran media seperti internet pada saat ini sangat membantu proses pembelajaran, terutama soal akses ke jurnal-jurnal penelitian yang bisa mendukung beberapa tugas. Seperti google drive dan google mail itu sangat mempermudah penyampaian informasi antarsivitas kampus,” terang Ainur mahasiswa aktif Universitas Indonesia Fakultas Psikologi.

Berbeda halnya dengan Krisdiantoro mahasiswa aktif Politeknik Negeri Jakarta Jurusan Teknik Sipil, “Media saat ini sangat berarti, karena sebagai reverensi untuk mengerjakan tugas dan untuk mendapatkan informasi dari luar negeri maupun dalam negeri. Karna sebagai mahasiswa tidak selalu mengerjakan tugas. Kita juga butuh informasi dari dalam maupun luar negeri,” tuturnya.

Teknologi telah memungkinkan terciptanya lingkungan belajar yang menempatkan mahasiswa di tengah-tengah proses pembelajaran, dikelilingi oleh berbagai sumber belajar dan layanan belajar elektronik. Untuk itu, sistem pendidikan konvensional sudah seharusnya menunjukkan sikap yang bersahabat dengan alternatif cara belajar yang baru yang sarat dengan digitalisasi.

Lembaga pendidikan akan menghadapi sebuah perubahan yang signifikan akibat proses digital ini. Menurut Dosen Bahasa Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta, Pradiptia Wulan Utami “Peran media sangat membantu, kalau di jurnalis memang medianya adalah media publikasi. Jadi, memang sangat membantu untuk proses pembelajaran mereka.” Ujarnya.

Sistem pendidikan dengan mengutamakan media pun memiliki pengaruh postitif maupun negatif. “Menurut saya media sekarang ini kurang efektif bagi proses pembelajaran. Karena apabila mahasiswa belajar menggunakan buku akan terarah sistem pembelajarannya, sedangkan menggunakan internet, mahasiswa akan bingung akan arah pembelajarannya seperti apa,” kata Dicky Arishudana selaku Wakil Dekan Bidang Akademik Universitas Budi Luhur.

Sistem pendidikan yang baik harus dapat menyajikan pendidikan bermutu karena pendidikan bertujuan mentransfer pengetahuan, tata nilai dan kemampuan sehingga diharapkan dapat mencari dan menciptakan karya yang baru setelah menempuh sebuah jenjang pendidikan. Untuk mencapai mutu pendidikan yang baik dan modern tentu memerlukan standar, inovasi berkelanjutan, teknologi, sumber daya finansial dan manusia yang professional.

Penulis: Shafira Marsa, mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

Comments

comments